by

Lawan Covid-19, Babinsa Ujung Tombak TNI

Pemerintah hingga kini belum berhasil membasmi wabah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), maka Bintara Pembina Desa (Babinsa) dinilai sebagai unjuk tombak dari TNI-AD, harus berperan aktir dalam memutuskan mata rantai pandemi Covid-19.

“Babinsa sebagai ujung tombak TNI–AD diharapkan selalu berperan aktif mengahadapi Pendemi covid-19, dengan upaya-upaya yang lebih optimal lagi dalam mengkampanyekan protokol kesehatan kepada masyarakat, ” ungkap Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Agus Rohman, saat memberikan arahan kepada para prajurit Kodim Masohi di Mokodim 1502/Masohi, Jumat (19/02).

Lewat rilisnya kepada koran ini, Minggu (21/2), Pangdam juga menekankan, agar para Babinsa sebagai prajurit, juga harus mempunyai naluri Intelijen. Agar apabila terjadi sesuatu di desa binaanya, dapat segera melakukan cegah dini dan berikan pelaporan dengan cepat.

“Penekanan Panglima TNI tentang tugas Babinsa, yang mana dalam sehari 1 juta orang bisa di vaksinasi melalui sosialisasi, dan memberikan pemahaman kepada masarakat terhadap manfaat vaksinasi covid-19 ini,” tuturnya.

Bukan itu saja, Pangdam juga menyinggung masalah sinergitas TNI-Polri yang sempat ditekankan oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto saat Rapim TNI-Polri belum lama ini. “Selalu jaga kekompakan antar sesama, jaga kebersamaan antara TNI-Polri dan pemerintah daerah .Pegang teguh Saptamarga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI sebagai landasan Kita,” tandasnya.

Sekedar tahu, sebelum memberikan pengarahan, Pangdam melaksanakan penanaman pohon jenis Manga Golek di halaman Makodim. Penanaman ini turut disaksikan Dandim 1502 Masohi Letkol Inf Nunung Wahyu Nugroho, dan Dandenpom XVI-2/Masohi Letkol CPM Loderwik Malau. (IAN)

Comment