by

Lestarikan Budaya Laha Gelar Simfoni Negeri

Ambon, BKA- Pemerintah desa Laha, kecamatan Teluk Ambon menggelar simfoni budaya negeri pada, Sabtu (12/12).

Pagelaran seni ini bertujuan untuk tetap melestarikan budaya dan tradisi Maluku kepada generasi sekarang. Dengan mengusung tema memakai bahasa asli Laha, pegelaran ini berlangsung meriah. sekertaris desa Laha mengakui akan mengagendakan kegiatan ini sebagai agenda tahunan.

“Kami melaksanakan kegiatan ini dengan mengusung tema yaitu menjemput dan melestarikan budaya. Kami kaji tema tersebut dalam bahasa Laha. Tujuan pagelaran seni ini untuk menunjukan kepada anak cucu negeri Laha tentang tradisi dan budaya yang harus terus dilestarikan. Kami pemdes Laha berencana akan menyelenggarakan kegiatan ini setiap tahun,” pungkas Fahmi Mewar sekertaris desa Laha.

Kegiatan ini turut menampilkan tarian khas Maluku seperti tari tifa, katreji orlapei, dan ada tarian dari Laha yaitu tari parisi. Selain itu juga ada berbagai perlombaan yang digelar seperti hadrat antar dusun negeri Laha dan pantun dialek Maluku. Pengisi acara tersebut juga menggunakan pakaian khas Maluku.

Sekdes Laha mengakui bahwa anggaran kegiatan bersumber dari CSR DPPU Pertamina Laha. Meski begitu pemdes Laha juga tetap membantu keperluan yang diperlukan. Kegiatan ini juga turut mengundang balai bahasa Provinsi Maluku, Negeri Amahusu selaku gandong negeri Laha dan juga negeri Hatu.

“Anggaran bersumber dari CSR DPPU Pertamina. Meski begitu ada juga pemdes Laha yang membantu karena kegiatan ini untuk negeri Laha. Kami juga mengundang negeri Amahusu selaku gandong negeri Laha dan juga negeri Hatu karena memang berdekatan,” tambah Mewar.

Pihak Pertamina sendiri mengaku sangat terharu dan antusias dalam membantu menyelenggarakan kegiatan tersebut. Pertamina berharap kedepannya akan bisa terus terjalin kerja sama yang baik.

“Saya sangat bangga, terharu dan antusias menyaksikan pagelaran seni seperti ini. Saya berharap apa yang sudah diprogramkan bisa terus berjalan dengan baik,” pungkas Tengku Nazwar Kusyamsyah maneger area DPPU Pertamina Laha. (MG-1)

Comment