by

Lestarikan Budaya, Pemerintah KKT Gelar Lomba Voruk dan Tenun

beritakotaambon.com – Untuk melestarikan budaya lokal, Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) menggelar lomba Voruk dan Tenun, yang digelar di Balai Pelayan Umat (BPU) Jemaat GPM Saumlaki, Selasa (25/10).

Kadis Pemuda dan Olahraga KKT, Dony Makatita, mengungkapkan, lomba tersebut digelar dalam rangka perayaan HUT Ke-22 KKT.

Baca juga: Bupati dan DPRD Sambut Kunker Pangdam Pattimura

“Lomba tenun dan voruk ini kenapa kami selenggerakan, mengingat tenun dan voruk dikalangan kaula muda mulai surut, sehingga perlu untuk ditingkatkan serta dilestarikan,” ujarnya.

Peserta lomba tenun dipilih dari setiap kecamatan yang ada di kabuaten itu, yang memamng memang memiliki keahlian dalam bidang itu.

Hasil lomba tersebut, kata Makatita, tidak mengecewakan. Bahkan terdapat peserta yang berhasil menyelesaikan lomba sebelum waktu yang ditentukan juri.

“Saya kaget melihat keahlian para penenun kita, semoga ini menjadi perhatian khusus bagi Pemda KKT, teristimewa dinas terkait yakni Perindag, guna meningkatkan potensi-potensi dan bakat para penenun yang ada di Tanimbar,” ungkapnya.

Baca juga: Pangdam Pattimura Tinjau Serbuan Vaksin di KKT dan MBD

Sedangkan untuk para peserta lomba voruk, katanya, setiap peserta memiliki lirik dan lantunan suara yang sangat merdu. “Ketika kita mendengar, terkesan sangat sakral. Ini yang mestinya dilestarikan bagi generasi muda Tanimbar, agar budaya voruk ini tidak musnah alias hilang,” ujarnya.

Ia berharap, para tua-tua adat yang ada di KKT dapat meneruskan budaya voruk kepada generasi muda. Begitu juga dengan penenun, dapat meneruskan itu bagi generasi muda.

“Itu perlu diwariskan agar budaya Tanimbar selalu terpelihara serta dilestarikan, guna menjunjung tinggi hidup Duan Lolat di bumi Lelemuku ini,” pungkas Makatita. (BTA)

Baca juga: Polisi Belum Tetapkan Tersangka Korupsi CBP Tual

Comment