by

Lift Rusak, Aktivitas ASN Terhambat

beritakotaambon.com – Akibat dua lift atau elevator mengalami kerusakan, aktivitas Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun masyarakat yang datang untuk melakukan pengurusan di Kantor Walikota Ambon menjadi terhambat. Seluruhnya diharuskan menggunakan tangga.

Cukup menguras tenaga. Namun apa boleh buat, mau tak mau masyarakat maupun ASN harus melewati puluhan tangga yang ada untuk mencapai lantai tujuan.

Kepala Bagian Umum Pemkot Ambon, Ongen Aponno mengatakan, akibat listrik (voltase) tidak pas dengan pemakaian peralatan lift sehingga sering mengalami gangguan kerusakan.

Menurutnya, voltase yang harus masuk ke dua lift itu sekitar 380. Sedangkan voltase yang digunakan selama ini tidak mencukupinya.

Baca juga: Di Kota ini Biaya Persalinan Cuma Dua Ribu Rupiah

“Dimana voltase yang harus masuk ke lift itu sekitar 380, yang masuk sampai sekarang tidak cukup, dibawah itu,” terang Aponno, kepada wartawan di Ambon, Jumat (17/9).

Diakuinya, selain instalasi listrik yang tidak pas dengan kemampuan mencover ganguan lift, juga akibat kebocoran pada gedung Balaikota Ambon itu. Sehingga membuat aktivitas ASN maupun masyarakat menjadi terhambat.

“Ada dua masalah. Kebocoran gedung dan listrik atau voltase yang tidak pas dengan peralatan lift itu,” bebernya.

Selain kebocoran yang harus diatasi, sambung dia, tentu dengan menyediakan sejenis stavol (stand up-red) untuk menstabilkan daya yang memang butuh budget besar sekitar ratusan juta.

“Kalau untuk normalkan kedua lift, mendekati 200-an juta. Yang mahal memang di penyediaan stavol, sama dengan katong harus datangkan orang dari Jakarta ke sini,” paparnya.

Dia menambahkan, dari dua lift tersebut, satu diantaranya sudah diperbaiki. Dan sekarang dapat berfungsi. Sementara yang satunya masih perlu perbaikan.

Baca juga: Satgas : Karaoke Harus Taati Prokes

“Sekarang kita baru mampu menghidupkan satu lift. Satunya itu butuh penggantian beberapa suku cadang yang sementara kita proses di perubahan anggaran tahun ini. Kalau memang disetujui, akhir tahun ini dua lift bisa operasi maksimal,” pungkasnya. (IAN)

Comment