by

Lima Nama Bersaing Rebut Posisi Sekda SBT

Jabatan Sekretaris Daeah (Sekda) Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), saat ini belum terisi.

Mengisi kekosongan jabatan Sekda SBT, untuk sementara Jafar Kwarumaratu ditunjuk selaku Pelaksana Tugas (Plt).

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten SBT, Nasir Rumata, mengatakan, untuk mengisi kekosongan jabatan Sekda SBT, akan dilakukan seleksi.

Dari batas waktu pendaftaran yang yang ditetapkan Panitia Seleksi (Pansel) yang diketuai Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Maluku, Kasrul Selang, 25 sampai 30 Juni 2021, telah terdapat lima nama yang mendaftar.

Lima nama tersebut, ungkap Rumata, yaitu, Jafar Kwarumaratu, Ansar Wattimena, Mirnawati Derlean, Hasanuddin Kelian dan Saleh Sukunora.

Jafar Kwarumaratu merupakan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintah Desa, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3MD) Kabupaten SBT.

Ansar Wattimena merupakan Kepala Bada Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten SBT.

Mirnawati Derlean merupakan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten SBT. Hasanuddin Kelian merupakan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten SBT. Serta, Saleh Sukunora yang merupakan Kepala Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kabupaten SBT.

“Jadi peserta yang mendaftar itu ada lima orang, untuk ikut seleksi Sekda SBT,” ungkap Rumat, Kamis (1/7).

Seharusnya, hasil seleksi administrasi calon Sekda tersebut sudah diumumkan. Tapi sesuai hasil koordinasi dengan tim Pansel di Ambon, hasil seleksi adeministrasi tersebut belum ditandatangani oleh Ketua Pansel, Kasrul Selang.

“Tahap selanjutnya, hari ini (Kamis, red) diumumkan pengumuman administrasi. Tadi saya konfirmasi, baru persiapan untuk ditandatangani oleh Ketua Pansel. Setelah itu, baru kita umumkan siapa yang lolos administrasi memenuhi syarat untuk seleksi selanjutnya,” tutur Rumata.

Setalah lulus administrasi, lanjutnya, peserta seleksi Sekda SBT akan mengikuti seleksi kesehatan, yang dilanjutkan dengan seleksi manejerial atau kultur sosial.

Khusus untuk seleksi manejerial untuk calon Sekda, terangnya, akan langsung dilakukan oleh tim asisoris dari Kamentrian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Insya Allah, besok (hari ini, red-) sudah dilakukan tes manejerial secara online. Jadi peserta stan by di Badan Diklat Provinsi Maluku,” pungkas Rumata.(SOF).

Comment