by

Lingkungan Jadi Persoalan Klasik

Ambon, BKA- Walikota Ambon, Richard Louhenapessy menyebutkan, persoalan lingkungan masih menjadi masalah klasik di Kota Ambon. Sebab, alif fungsi lahan yang selalu dirubah menjadi kawasan permukiman baru, jadi salah satu faktor utama kota bertajuk Manise ini selalu bermasalah dengan lingkungan.

“Karena selama ini, alih fungsi tersebut yang menjadi indikator utama persoalan lingkungan. Hal itu, dapat menyebabkan krisis air bersih di Kota Ambon,” ungkap Walikota Ambon, kepada wartawan, akhir pekan kemarin.

Politisi senior Golkar ini menilai, beberapa faktor lainnya yang sering menjadi persoalan yakni, pembangunan permukiman warga di wilayah rawan banjir dan longsor.

“Faktor utama warga sering membuat permukiman di wilayah pesisir dan rawan bencana, adalah karena biayanya murah. Padahal, itu bahaya sekali untuk keselamatan mereka,” imbuh dia.

Dijelaskan, masalah lain yang sering dihadapi pihaknya selama ini juga adalah mengenai dengan pengelolaan sampah.

Maka untuk menindaklanjuti persoalan terkait dengan pengelolaan sampah di Kota Ambon, tambah dia, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan beberapa pihak, guna menjajaki bersama masalah tersebut.

“Kalau tadi saya bilang persoalan lingkungan menjadi masalah klasik, maka kalau soal pengelolaan sampah di Kota Ambon, harus jujur saya akui ini menjadi masalah serius,” katanya.

“Ini masalah serius. Makanya, saya sudah ketemu dengan salah satu investor untuk ke depan itu, kita bisa secara bersama membuat pabrik pengelolaan sampah,” lanjut dia. (BKA-1)

Comment