by

LPKA Ambon Upayakan Anak Sadar Hukum

beritakotaambon.com – Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Ambon, gandeng Tim Penyuluh dari Kanwil Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Maluku, guna memberikan konsultasi meningkatkan kesadaran dan pemahaman norma, serta nilai hukum bagi anak di LPKA Ambon, Kamis (9/9).

Penyuluh Madya, Kemenkumham Maluku, Thortjie Mataheru mengaku, penyuluhan hukum di LPKA Ambon, dilakukan untuk mewujudkan kesempatan memperoleh keadilan bagi anak yang memerlukan nasihat, penjelasan, informasi atau petunjuk atas permasalahan hukum yang sedang mereka hadapi.

Baca juga: Kemenkumham Maluku Gelar Supervisi Pagu Anggaran

“Program bantuan hukum yang kami lakukan adalah salah satu wujud hadirnya negara untuk memenuhi akses keadilan hukum bagi seluruh Warga Negara Indonesia (WNI). Dalam hal ini Anak di LPKA Ambon, sebagaimana yang diamanatkan dalam undang-undang nomor 16 tahun 2011 tentang Bantuan Hukum,” terang Mataheru.

Kepala LPKA, Catherian V. Picauly, menyambut baik kedatangan para penyuluh hukum dari Divisi Pelayanan Hukum Kanwil Kemenkumham Maluku, yang datang memberikan nasihat dan penjelasan atas permasalahan hukum yang dihadapi Anak LPKA Ambon. Pihaknya menyampaikan terima kasih atas kehadiran dan perhatian Tim Penyuluh terhadap Anak LPKA Ambon.

Baca juga: Walikota : Pembangunan Kota Ambon Belum Ideal

“Ini adalah salah satu bentuk sinergi yang baik antara kanwil dengan satuan kerja. Semoga penyuluhan hukum ini terus berlanjut, sehingga anak yang sementara berada di dalam LPKA Ambon bisa sadar hukum. Dan tidak akan mengulangi perbuatan melanggar hukum lainnya, bila sudah bebas nanti,” tandas Catherian. (UPE)

Comment