by

LPMP Maluku Kunjungi SBT Survei Sekolah Percontohan

Ambon, BKA- Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Maluku, melakukan kunjungan kerja ke Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Dikbudpora) Seram Bagian Timur (SBT), Sabtu (24/10) lalu.

Kunjungan itu dalam rangka melakukan survei ke seluruh Sekolah Menegah Pertama (SMP) di Bumi Ita Wotu Nusa itu, untuk ditetapkan sebagai sekolah percontohan dibawah tanggung jawab LPMP Provinsi Maluku.

Kepala LPMP Maluku, Achli A. Jasim, dihadapan Pelaksanaan Tugas (Plt) Kepala Dikbudpora SBT Sidik Rumalowak mengatakan, survei sekolah percontohan tersebut merupakan program kemitraan. Hal ini dalam rangka peningkatan mutu pendidikan sekaligus upaya penjaminan mewujudkan delapan standar nasional pendidikan.

“Hal ini sesuai dengan amanat Permendikbud nomor 26 tahun 2020, dimana salah tugas LPM yakni melaksanakan penjaminan mutu, pengembangan model dan kemitraan penjaminan mutu pendidikan,” ucap Kepala LPMP Maluku, Achli A. Jasim, yang didampingi Mabud Soumena, saat memberikan gambaran umum soal kehadiran LPMP di SBT.

Menurut Achli A. Jasim, program tersebut merupakan perintah regulasi yang paput dijalankan. Jadi LPMP Provinsi Maluku, harus berusaha melakukan upaya peningkatan mutu pendidikan sebagaimana amanat itu.

“Setelah survei dan jika ada sekolah yang ditetapkan sebagai sekolah percontohan, maka manajemen pengelolaan sepenuhnya diserahkan ke LPMP Maluku,” jelas Jasim.

Setelah diserahkan sepenuhnya ke LPMP Provinsi Maluku, Jasim mengatakan maka semua manajemen mulai dari seleksi kepala sekolah, rekrutmen guru hingga syarat, ketentuan dan standar nilai seleksi masuk siswa baru di sekolah tersebut akan diatur LPMP.

“Penyerahannya sekolah percontohan di SBT ini akan dilakukan melalui Teken MoU. Dan sekarang, drafnya kini telah diserahkan ke Dikbudpora SBT untuk dipelajari,” papar Jasim.

Sementara dikesempatan itu, Plt Kepala Dikbudpora SBT Sidik Rumalowak menyampaikan rasa terima kasih atas kehadiran pihak LPMP Provinsi Maluku. Menurut Rumalowak, kehadiran tersebut bagian dari penghargaan terbesar atas komunikasi dan koordinasi yang dibangun antara Dikbudpora SBT dan LPMP Provinsi Maluku.

“Dan secara kelembagaan pihaknya telah siap menyambut kehadiran berharga ini atas terselenggarakannya program kemitraan tersebut,” ucap Rumalowak.

Untuk diketahui, program tersebut di Provinsi Maluku, SBT merupakan kabupaten yang pertama kali menyelenggarakan program tersebut.

“Seperti dikatakan Kepala LPMP Provinsi Maluku, Jasim. Bahwasanya, SBT dipilih, karena melihat respon dan dukungan dari Plt Kepala Dikbudpora Sidik Rumalowak yang cukup efektif dalam membangun jaringan dengan berbagai elemen pendidikan baik di provinsi maupun di pusat,” kata Sidik. (BKA-2)

Comment