by

LPP Ambon Gali Potensi WBP

AMBON-BKA, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Kelas III Ambon telah menyediakan sarana untuk menghidupkan potensi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di bidang kecantikan. Fasilitas salon kecantikan yang dimotori Subseksi Pembinaan, ini diberi nama Mahina Salon and Beauty.

Keterampilan di bidang kecantikan yang berlokasi di gedung Balai Latihan Kerja LPP Ambon ini, agar para WBP memiliki bekal ketika keluar dari Lapas.

Kepala Lapas Perempuan Ambon, Ellen M. Risakotta mengatakan, WBP dibekali keterampilan mulai dari cara make up, rias rambut, facial, hingga massage. Mereka dilatih oleh pihak ketiga yang sudah profesional di bidangnya.

“Salon tersebut kami jadikan sebagai sarana edukasi bagi WBP. Sambil menyelam minum air. Artinya sambil belajar salon mereka sekaligus bisa men-treatment diri mereka sendiri,” terang Ellen, lewat rilis Humas Kemenkumham Maluku, kepada media ini, Selasa (10/8).

Baca juga: 940 Napi di Maluku Diusulkan Remisi Umum

Ia berharap, dengan adanya kegiatan pembinaan salon kencatikan dapat menjadi bekal bagi para WBP bila sudah bebas dari Lapas Perempuan Ambon. “Terlebih, kondisi pandemi ini semakin menyulitkan para WBP dalam mencari pekerjaan,” pungkas Ellen.

Sementara itu, Kepala Subseksi Pembinaan, Wa Otje menambahkan, saat ini sudah ada 20 WBP yang memiliki sertifikat yang menyatakan mereka sudah mampu melakukan perawatan kecantikan.

“Sertifikat itu sangat dapat dijadikan sebagai peluang usaha untuk mereka juga. Kalau sudah ada bekal kan, nantinya lebih mudah untuk bisa buka salon sendiri,” tutu Wa Otje. (UPE)

Comment