by

LPTPQ Bersihkan Makam Syuhada

Ambon, BKA- Lembaga Pengembangan Taman Pendidikan Al-Qur’an (LPTPQ) Pulau Ambon beserta TPQ se pulau Ambon, melakukan pembersihan terhadap ratusan makam Syuhada di kelurahan Silale, kecamatan Nusaniwe, Ambon, Minggu (10/01).

Sekretaris LPTPQ Pulau Ambon, Ustadz Dahlan mengaku, kegiatan ini merupakan inisiatif bersama antara LPTPQ Pulau Ambon dan Pengasuh TPQ untuk sama-sama membersihkan makam para syuhada.

“Kegiatan yang dilakukan ini, sengaja kita pilih untuk dilaksanakan pada hari Minggu. Karena hari ini (kemarin) merupakan hari olahraga. Maka disamping kita olahraga, sekaligus kita melakukan kegiatan amal dengan membersihkan makam di taman makam Syuhada,” terang Ustadz Dahlan, lewat rilisnya kepada koran ini, Minggu (10/1).

Dijelaskan, makam Syuhada menjadi target kegiatan pembersihan, karena makam tersebut belum terawat dengan baik. Sehingga pihaknya memutuskan untuk membuat kegiatan pembersihan agar makam tersebut terpelihara dengan baik lagi.

“Kita hadir disini juga untuk memberikan support kepada masyarakat muslim kota Ambon, agar kedepan masyarakat ikut terlibat dalam memberikan perhatian. Bukan saja kepada orang yang masih hidup, tetapi juga kepada makam yang masih ada disini supaya terpelihara dengan baik. Sehingga dapat mempengaruhi keindahan kota ini,” terangnya.

Salah satu Tokoh Masyarakat Kelurahan Silale, Sarfan menambahkan, untuk kegiatan pembersihan makam para syuhada ini, dari masyarakat yang ada di Kelurahan Silale, sudah mengagendakan, agar kedepannya akan dibersihkan tiap tiga bulan.

“Ini kegiatan pembersihan makam para syuhada dia rutinitas, sehingga kita rencanakan untuk jangka panjang dilaksanakan per tiga bulan yang dikerjakan masyarakat dilingkungan Kelurahan Silale,” jelasnya.

Sementara itu, Perwakilan Pengasuh TPQ Ustadz. H. Kabolosi menyebutkan, dengan melihat kondisi makam yang rumputnya sudah melewati makam, maka harus dirawat dan ditata dengan baik. Agar memberikan dampak baik bagi masyarakat yang ada disekitarnya.

“Bersih itu indah, bersih itu sehat. Dan karena itu, kalau ini tertata dan terawat dengan baik serta dijaga kebersihan lingkungannya dengan baik, maka akan memberikan warna segar bagi kehidupan dan kesehatan masyarakat yang ada disekitar sini,” pungkasnya.

Untuk diketahui, TPQ yang hadir dalam pembersihan makam para syuhada ini yaitu TPQ Al Hidayah Air Mata Cina, TPQ Al-Masiir Air Salobar, TPQ Al-Jami Silale, TPQ Nurul Aisa Jalan Baru, TPQ Al-Mukarimal Akhlak Kamp. Rinjan, TPQ As Sakinah Waihaong, TPQ Al-Baaits Kebun Cengkeh, TPQ An Nisa Silale, dan TPQ Al-Muhajirin Silale. (UPE)

Comment