by

Mahasiswa Didorong Berkolaborasi Tingkatkan Kompetensi

Ambon, BKA- Universitas Darussalam (Unidar) Ambon terus mendorong mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya, agar mampu bersaing di dunia kerja ketika selesai kuliah.

Hal itu dilakukan untuk menjawab tuntutan konsep merdeka belajar atau kampus merdeka. Apalagi diera 4.0 ini, tidak hanya membutuhkan mahasiswa yang cerdas secara teori, tapi juga harus memiliki kompetensi atau skil yang baik, guna menjawab tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Rektor Unidar Ambon, Dr. Muhammad Ryadh Uluputty, era sekarang sangat membutuhkan para lulusan yang memiliki nilai karakter yang baik, ketrampilan yang mumpuni, serta berkompetensi pada bidang ilmu yang ditekuni.

“Kita terus dorong mahasiswa untuk pergunakan kesempatan secara baik saat berada di lingkungan kampus. Bahwa untuk meningkatkan kompetensi, perlu kolaborasi dengan mahasiswa di kampus yang lain, sebagaimana konsep merdeka belajar atau kampus merdeka yang dicetuskan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud),” ujar Uluputty, Minggu (27/12).

Sebagai pimpinan, katanya, tentu akan terus melakukan upaya-upaya kerjasama lintas kampus, instansi pemerintah maupun pihak terkait lain, untuk menyukseskan program kampus merdeka.

Untuk itu, pihaknya akan mendukung berbagai program kemahasiswaan lewat organisasi internal kampus, sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi serta ketrampilan mereka.

“Sepanjang program yang dilakukan bermanfaat bagi mereka dari segi kompetensi dan ketrampilan, pasti kampus akan mendukunga itu. Misalnya, program Kreativitas Mahasiswa Unidar (KMU) beberapa waktu lalu soal pelatihan penulisan proposal PKM. Bagi saya, itu sangat strategis sekali. Program seperti itu, yang diharapkan terus dilakukan, selain berharap program yang dilakukan secara institusi terkait kerjasama dengan instansi pemerintah. Ini yang terus saya ingatkan kepada mahasiswa, untuk memanfaatkan kesempatan selama kuliah secara baik, agar ketika lulus, dapat memudahkan mereka dalam mencari pekerjaan atau bila perlu membuka lapangan pekerjaan baru sesuai keahlian yang dimiliki,” pungkas Uluputy.(LAM)

Comment