by

Mahasiswa Perlu Mata Kuliah Digital

Ketua Dewan Perwakilan Mahasiswa Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, James Riupassa, mengungkapkan, berdasarkan pengalaman dimasa pandemi saat ini, mahasiswa sangat membutuhkan mata kuliah digital.

Mata kuliah digital, katanya, bukan hanya berguna untuk membantu mempermudah mahasiswa melaksanakan perkualiahan secara online di masa pandemi Covid-19. Tapi juga untuk masa akan datang, seiring perkembangan tekonologi digital.

Untuk itu, Riupassa sangat mengapresiasi kebijakan Kemendikbudristek, kalau akan ada penambahan mata kuliah wajib bagi mahasiswa, berupa startup digital di tahun 2022 nanti.

Menurutnya, kebijakan tersebut akansangat membantu mahasiswa dalam proses belajar Daring. Terutama bagi sebagian mahasiswa yang belum paham mengenai teknologi digital.

“Tentu saja saya mendukung dan setuju hal itu, karena bisa membantu mahasiswa yang masih kesulitan dalam memahami sistem digital sekarang ini. Itu juga bisa lebih paham dengan baik teknologi, jika mata kuliah ini benar diterapkan,” terang Riupassa.

Dia berharap, jika mata kuliah digital tersebut sudah diterapkan, Unpatti Ambon dapat melakukan penyesuain mata kuliah untuk mendukung hal tersebut.

“Kalau ada mata kuliah tambahan ini, saya percaya ada kebijakan tersendiri dari pihak kampus dalam mengatur semua mata kuliah, agar berjalan dengan baik. Dan agar mata kuliah ini tidak bertabrakan dan mengganggu mata kuliah yang lain,” ucapnya.

Sampai dengan saat ini, akuinya, memang belum ada pemberitahuan resmi terkait penerapan mata kuliah tambahan itu. Namun diperkirakan sudah ada persiapan yang dilakukan pihak kampus.

“Memang belum ada pemberitahuan resmi yang dikeluarkan kampus terkait ini. Namun mungkin sudah ada persiapan untuk tahun ajaran yang baru, agar bisa dijalankan,” tutupnya. (BKA-1)

Comment