by

Mahasiswa UKIM Buat Box Sterilizer

Ambon, BKA- Untuk mendukung program Potong Pele Covid-19 yang dibuat Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, mahasiswa KKN-PPM UKIM membuat Box Sterilizer bagi masyarakat Kelurahan Wainitu, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon.

Box Sterilizer yang dibuat oleh 25 mahasiswa KKN tersebut merupakan salah satu bentuk kegiatan pengabdian pada masyarakat, yang bertujuan untuk mengurangi dan menangkal tingkat perkembangan Covid-19. Dengan cara, mensterilisasi barang-barang yang sering dibawa dari luar rumah, seperti, tas, topi, botol minum, kacamata, dompet, kunci, sendok, botol minuman dan lain sebagainya.

Untuk itu diketahui, UV sterilizer adalah alat sterilisasi yang menggunakan sinar UVC yang dapat membunuh kuman sebesar 99,99 persen. Alat sterilisasi yang menggunakan sinar UV ini, seringkali digunakan diberbagai rumah sakit untuk menjaga benda tertentu agar tetap steril.

Menurut salah satu instruktur KKN-PPM UKIM, Defi. S. Nenkeula, pembuatan Box sterilizer tersebut, semata-semataa untuk membantu masyarakat.

“Apa yang dilakukan ini sekaligus merupakan bagian dari partisipasi mendukung program Pemerintah Kota Ambon, Potong Pele Covid-19. Sehingga KKN UKIM kelompok 10, 11 dan 12, menginisiasi untuk pembuatan UVC Box Sterilizer sederhana ini, agar dapat membantu masyarakat dalam memasuki pelaksanaan New Normal,” ujar Nenkeula, Rabu (11/11).

Selain membuat Box Sterilizer, 25 mahasiswa KKN yang di dampingi oleh tim instruktur, yang terdiri dari, Defi S. Nenkeula, Lydia M. Ivakdalam, dan Melkhianus H. Pentury, tersebut juga melaksanakan berbagai program lain.

Diantaranya, dua program partisipasi, yakni, pembagian sembako bantuan pemerintah kepada warga Kelurahan Wanitu di tengah Covid-19 dan perbaikan papan nama 10 program PKK. Sedangkan program lainnya berasal dari progtam internal mahasiswa, seperti, pembuatan papan nama 13 RT di RW 5 dan RW 6, Pembersihan Lingkungan di RW 5 dan RW 6, dan Pembuatan Box Sterilizer.

Semua rangkaian kegiatan KKN, khusus kelompok 10, 11 dan 12, ditutup dengan penyerahan 8 unit Box Sterilizer kerumah ibadah (gereja), Kantor Lurah Wainitu dan Kampus UKIM.

Semua program kerja yang dilakukan itu, disambut baik oleh masyarakat. Khususnya, Ketua Majelis Jemat GPM Imanuel OSM, Pdt Y. Atihuta. Karena program yang dilakukan itu, sangat menunjang persiapan diaktifkannya kembali ibadah minggu di gedung gereja.

Apresiasi yang sama pula disampaikan oleh Lurah Wainitu, M. Nikijuluw. Ia sangat berterima kasih untuk keaktifan yang ditunjukkan oleh mahasiswa. Dirinya berjanji, Kelurahan Wainitu akan selalu siap menerima Mahasiswa KKN UKIM untuk periode berikutnya. (LAM)

Comment