by

Mahasiswa UKIM Edukasi Pencegahan Covid-19 di SD Kristen Durjela

Ambon, BKA- Mahasiswa KKN-PPM UKIM menggelar edukasi pencegahan Covid-19 di SD Kristen YPPK Durjela, Kabupaten Kepulauan Aru, belum lama ini.

Salah satu materi edukasi Covid-19 yang dilakukan oleh mahasiswa KKN PPM UKIM angkatan 50 tersebut, yakni, terkait sosialisasi new normal kepada siswa-siswi.


Kegiatan tersebut dilakukan guna mendukung program pemerintah untuk mencegah penularan Covid-19. Menurut Instruktur KKN-PPM UKIM Wilayah Kabupaten Aru, Lucky P. Molle, KKN yang dilaksanakan di kabupaten tersebut mengusung tema “Upaya Preventif Dalam Era New Normal”.

Dengan tema tersebut, mahasiswa UKIM berupaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya kesehatan, khususnya bagi anak-anak sekolah. Karena saat ini, masih banyak masyarakat yang kurang sadar akan pentingnya menjaga kesehatan, terutama di era masa adaptasi kebiasaan baru pada wilayah yang dinilai masuk dalam kategori zona hijau, seperti Kabupaten Kepulauan Aru.

Menurutnya, walau Kabupatn Kepulauan Aru (Desa Durjela) dikategorikan sebagai wilayah bebas dari covid (zona hijau), akan tetapi masyarakat (pendidik dan peserta didik) harus tetap menjaga protokol kesehatan yang disampaikan pemerintah, yakni, mencuci tangan dengan air mengalir, memakai masker saat keluar rumah, dan menjaga jarak saat berinteraksi.

“Terlepas dari sosialisasi yang diberikan kepada peserta didik dan pendidik, mahasiswa KKN juga melakukan beberapa kegiatan di wilayah SD Kristen Durjela, dengan sasaran membantu program pemerintah dalam memberantas serta mengurangi penyebaran covid-19, yakni, membersihkan lokasi sekolah, pengecekan suhu tubuh, penyemprotan disenfektan dan memberikan bantuan beberapa peralatan pencegahan Covid-19 kepada pihak sekolah. Hal ini bertujuan untuk mendukung program PHBS dan edukasi Covid-19 di lingkungan sekolah,“ tutur Molle, Selasa (10/11).

Atas apa yang dilakukan tersebut, program KKN-PPM UKIM mendapat apresiasi dari pihak SD Kristen Durjela. “Kepala Sekolah, Anie Hurulean, mengatakan, kalau program kerja yang dilakukan oleh sejumlah mahasiswa KKN UKIM ini sangat memberikan manfaat bagi masyarakat, khususnya warga sekolah yang dipimpinnya itu,” tandas Molle.(LAM)

Comment