by

Malra Sebagai Seaweed Estate, Benhur Apresiasi Langkah Thaher

beritakotaambon.com – Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Provinsi Maluku, Benhur Watubun, mengapresiasi langkah Bupati Maluku Tenggara (Malra), M. Thaher Hanubun.

Apresasi tersebut diberikan Benhur karena Thaher mampu menjadikan Kabupaten Malra sebagai salah satu kawasan Seaweed Estate (Kawasan Rumput Laut).

Benhur mengaku, sangat mendukung upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malra dan Pemerintah Pusat (Pempus) untuk merealisasi Seaweed Estate sebagai Industri di Malra.

Menurutnya, langkah yang dilakukan Bupati Thaher merupakan langkah maju untuk meningkatkan pendapatan daerah, serta membantu meningkatkan perekonomian masyarakat pesisir di kabupaten itu.

memang,’ katanya, potensi rumput laut di sejumlah kawasan Kabupaten Malra cukup menjanjikan.

Baca juga: 100 Hari kerja, Safitri-Gerson Benahi Birokrasi

“Saya salut dengan pak Thaher sebagai bupati. Ini bagian dari langkah maju, apalagi urgensinya langsung menyentuh masyarakat. Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir tentang pemasaran produk rumput laut, karena sudah pasti terkelola secara terintegrasi,” terangnya.

Dengan penetapan Malra sebagai Seaweed Estate, kata Benhur, tingkat kesejahteraan masyarakat, khususnya petani rumput laut, lebih terjamin. Sehingga bisa berdampak pada penurunan angka kemiskinan dan pengangguran di kabupaten itu.

“Ini juga sebagai upaya menekan angka-angka cukong liar dari luar daerah, yang leluasa melakukan pembelian dengan harga murah untuk kemudian menjual kembali dengan harga tinggi,” ujarnya.

Untuk itu, dia berharap, kedepan, kebijakan ekspor produk rumput laut bisa langsung dilakukan dari Malra, untuk mengantisipasi klaim sepihak daerah penghasil lain.(RHM)

Comment