by

Malteng Batal Belajar Tatap Muka

Ambon, BKA- Satuan Pendidikan (SP) tingkat PAUD, SD dan SMP di Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) diminta untuk membatalkan belajar tatap muka di sekolah.

Sekolah diminta untuk tetap melanjutkan belajar jarak jauh, karena mempertimbangkan masih adanya penyebaran virus corona di tengah masyarakat.

Padahal sebelumnya, Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Malteng melalui masing-masing Koordinator Wilayah (Korwil), telah mengijinkan belajar tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan.

Kepala SD Teologi Kristen Suli, Sintdje Ratila, mengungkapkan, karena kebijakan tersebut, maka mau atau tidak, sekolah kembali menerapkan pola belajar jarak jauh secara Daring maupun Luring pada semester genap ini, agar siswa tidak ketinggalan pelajaran.

“Memang awalnya itu sudah ijinkan belajar tatap muka. Dengan catatan, sekolah harus perhatikan protokol kesehatan. Belajar tatap muka itu bisa di sekolah, dan secara kelompok. Pokoknya itu diatur sekolah. Tapi saat kemarin kita ketemu dengan Korwil Kecamatan Salahutu, kita diminta kembali lakukan belajar Daring dan Luring. Sehingga tidak jadi belajar tatap muka lagi,” ungkap Ratila, Rabu (20/1).

Dengan pembatalan belajar tatap muka itu, lanjut dia, pihaknya akhirnya mengambil kebijakan untuk tetap melakukan PJJ dengan sistem Guru Keliling (Gurling). Disamping menyiapkan pembelajaran Daring bagi siswa yang memiliki fasilitas.

“Kita tetap gunakan Gurling seperti semester kemarin. Sebab hampir semua anak itu tidak punya fasilitas. Jadi kita buat kelompok-kelompok kecil untuk guru berikan pembelajaran. Kalau yang punya Hp android, kita belajar secara Daring. Dan itu akan akan kita lakukan terus sampai ada keputusan baru soal belajar tatap muka,” tandas Ratila. (LAM)

Comment