by

Malteng Ijinkan Belajar Tatap Muka Januari 2021

Ambon, BKA- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maluku Tengah (Malteng) telah mengijinkan pihak sekolah, untuk kembali menggelar proses belajar mengajar tatap muka antara siswa dan guru di sekolah, pada Januari 2021 mendatang.

Tapi belum diketahui, apakah berlaku secara keseluruhan di semua sekolah yang ada di setiap kecamatan atau tidak. Yang jelas, belajar tatap muka sudah akan diberlakukan di Kecamatan Salahutu, awal tahun depan.

Hal itu diungkap Kepala SD Teologi Kristen Suli, Sintdje Ratila. Dia mengatakan, Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Malteng lewat UPTD Kecamatan Salahutu, telah mengijinkan Satuan Pendidikan (SP) melakukan belajar tatap muka diawal tahun 2021.

Belajar tatap muka itu diputuskan dalam rapat koordinasi (Rakor) UPTD Kecamatan Salahutu bersama pihak sekolah, beberapa waktu lalu.

Namun pada rakot yang membicarakan pola pembelajaran di tahun 2021 itu, lanjutnya, juga menenkankan pihak sekolah agar melakukan proses belajar mengajar tatap muka menggunakan protokol kesehatan, mengingat masih adanya pandemi Covid-19.

Untuk itu, masing-masing SP di ingatkan untuk menyiapkan fasilitas dan peralatan kesehatan di sekolah, guna mencegah penyebaran virus corona di kawalangan siswa, guru dan orangtua.

“Jadi kalau soal belajar tatap muka itu, masuk awal tahun ini kita sudah mulai belajar tatap muka. Itu kesepakatan dari UPTD Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng). Dengan tetap berpedoman kepada protekoler kesehatan,” ujar Ratila, Minggu (20/12)

Pada penerapannya nanti, terangnya, proses pembelajaran menggunakan sistem ganjil-genap. Yakni, kelas I, III dan V, akan melakukan proses belajar mengajar pada Senin, Rabu dan Jumat. Sedangkan kelas II, IV dan VI, akan melaksanakan proses belajar mengajar pada Selasa, Kamis dan Sabtu.

“Karena ada enam kelas, jadi diatur ganjil-genap. Memang soal sistem ganji genap itu tidak harus digunakan oleh semua sekolah,” tandas Ratila. (LAM)

Comment