by

Maluku Akan Dibantu Insinerator

Ambon, BKA-Pemerintah Provinsi Maluku akan mendapat bantuan satu unit Insinerator, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Insenerator merupakan teknologi pengolahan limbah medis, yang dapat memusnahkan komponen berbahaya, termasuk limbah Covid-19, yang selama ini terpaksa dikirim Pemprov Maluku ke Jawa Barat untuk dimusnahkan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Maluku, Roy Siauta, mengatakan, sementara melengkapi data administrasi, seperti kesesuaian tata ruang, surat dukungan dari masyarakat, dan juga dukungan Gubernur Maluku, terkait dengan rencana pemberian bantuan tersebut.

“Jadi kemarin, sekitar empat kali kita rapat terus dengan kementerian lewat virtual, terkait hal ini,” ungkap Siauta, kepada awak media di Kantor Gubernur Maluku, Rabu (3/3).

Pihaknya juga sementara lagi berupaya untuk melakukan pembebasan lahan di Wayame, untuk pembangunan insenerator, seluas 5 hektar.

“Jadi bantuan ini kita dapat gratis. Makanya pak gubernur mendukung itu. Sekarang dalam tahap pra pembebasan lahan, setelah semua selesai baru bangun,” ungkapnya.

Bahkan untuk upaya pembebasan lahan itu, kata Siauta, Biro Pemerintahan dan Biro Hukum Setda Maluku, sudah turun langsung ke lokasi guna pendataan awal.

Selanjutnya, baru apresiator menilai untuk pembebasan lahan tersebut. “Jadi selain 1 unit Insinerator, juga dibangun fasilitas pendukung seperti kantor. Itu semua dibangun disitu,” tutupnya. (BTA)

Comment