by

Maluku Berpotensi Hujan dan Gelombang Tinggi

AMBON-BKA, Sesuai prakiraan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), wilayah Provinsi Maluku masih berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, serta gelombang tinggi.

Sejumlah wilayah yang berpotensi diantaranya, Kota Ambon, Kota Tual, Kabupaten Buru Selatan (Bursel), Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) dan Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT).

“Jadi dimulai dari tanggal 7 Agustus hingga tanggal 13 Agustus besok (pekan ini), beberapa wilayah di Maluku akan mengalami cuaca buruk,” ungkap Koordinator Bidang Observasi dan Informasi, BMKG Ambon, Wilhelmina Paays, kepada media ini, Selasa (10/8).

Sementara untuk analisis terbaru, lanjut dia, diketahui ada gangguan cuaca yang mempengaruhi. Seperti adanya perlambatan kecepatan angin di sepanjang kepulauan Aru, kemudian Pulau Seram, Pulau Ambon serta Pulau Buru.

Baca juga: ADD Dibayarkan di APBD Perubahan

“Kemudian suhu muka laut yang menghangat juga mendukung dalam proses pertumbuhan awan-awan hujan di Kota Ambon di wilayah Maluku,” terangnya

Dijelaskan, untuk dua hari kedepan potensi hujan sedang dan lebat perlu diwaspadai masyarakat di Kota Ambon, Kabupaten Maluku Tengah, Bursel,SBB, Kepulauan Aru, dan MBD. Selain itu, kondisi angin signifikan atau kencang dan akan berdampak pada tinggi gelombang yang terjadi.

“Sementara untuk potensi angin kencang lebih dari 45 kilo meter per jam perlu diwaspadai di Kota Tual, dan Kepulauan Tanimbar (KKT). Gelombang tinggi yang terjadi akhir-akhir ini akibat dari angin kencang atau angin signifikan yang terjadi di Kepulauan Maluku,” tuturnya.

Paays juga menghimbau, masyarkat Maluku tetap waspada terhadap potensi atau perubahan cuaca secara tiba-tiba selama musim penghujan saat ini. “Dan perlu juga waspada untuk dampak bencana hidrometriologi yang dapat terjadi, seperti banjir dan tanah longsor,” tutupnya. (UPE)

Comment