by

Maluku Dapat Kapal Supply Canggih

November 2021 mendatang, Maluku akan kedatangan satu unit kapal supply canggih, untuk mendukung operasional Basarnas Ambon.

Kapal canggih itu buatan Batam itu nantinya berukuran 70 meter, lebar 3 sampai 4 meter, serta dilengkapi dengan kaliper, logistik, ruang medis dan pengisian BBM sekitar 500 ton.

Kepala Basarnas Ambon, Letkol TNI AL Mustari, mengatakan, kapal itu tidak ditempatkan di semua Basarnas yang ada di Indonesia. Hanya pada wilayah tertent saja, termasuk di Maluku.

Hal itu disampaikan Mustari saat bertemu Ketua DPRD Provinsi Maluku, Lucky Wattimury, guna membahas berbagai program kerja dan langkah kebijakan Basarnas Ambon di Maluku, yang merupakan provinsi kepulauan, Selasa (13/7).

Lanjut Mustari, semua kelebihan yang dimiliki kapal itu, akan sangat mendukung operasional pencarian dan pertolongan kecelakaan laut yang dilakukan Basarnas Ambon.

Misalnya, dari sekian banyak kelebihan yang dimiliki, kapal tersebut dapat berfungsi ebagai penyuplai BBM bagi sejumlah kapal yang terlibat dalam operasional Basarnas. Kapal itu juga berfungsi sebagai posko.
Untuk wilayah timur Indonesia, katanya, kapal ini hanya ditempatkan di Maluku. “Kapal seperti ini tidak ditempatkan di semua Basarnas. Tapi alhamudulliah, kapal Supply yang ukuran besar ini ditempat di Maluku, sesuai dengan rencana Basarnas Pusat,” jelasnya.

Ketua DPRD Maluku, Lucky Wattimury, mengatakan, kedatangan pimpinan Basarnas Ambon dalam rangka membahas berbagai porgam kerja Basarnas di Maluku.
“Saya juga sudah bilang ke Basarnas, bahwa kami mendukung kegiatan dan kebijakan Basarnas, karena Maluku ini daerah kepulauan yang luas lautnya sekitar 92 persen dari luas daratan. Sehingga peran Basarnas sangat penting dalam penanganan kecelakaan laut, karena sudah sering terjadi kecelakaan laut dan disitu bagaimana Basarnas memiliki peran dalam penanganannya,” pungkasnya. (RHM)

Comment