by

Maluku Dapat Penambahan Cold Room Untuk Vaksin

Pemerintah Provinsi Maluku mendapat penambahan cold room atau ruangan pendingin untuk penyimpanan bahan vaksin Corona dari Kementerian Kesehatan RI.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit P2P, Dinas Kesehatan Maluku, Daud Samal mengatakan, vaksin harus disimpan pada ruang pendingin (cold room) untuk menjaga kualitas vaksin itu sendiri.

Pembagian cold room yang diterima, nantinya disalurkan ke kabupaten/kota yang ada di Maluku. “Cold room dibagi untuk empat regional, yaitu di Seram 1, Kabupaten Buru 1, Kabupaten Maluku Tenggara 1, Kabupaten Maluku Tenggara Barat 1,” ungkap Samal, kepada wartawan, Rabu (21/7).

Dijelaskan, 1 cold room yang dikhususnya untuk beberapa kabupaten di pulau Seram diantaranya Kabupaten Maluku Tengah, Seram Bagian Barat (SBB), Seram Bagian Timur (SBT). Sedangkan cold room untuk Pulau Buru, akan digunakan Kabupaten Buru dan Buru Selatan (Bursel). Agar vaksin yang ada mudah dievakuasi.

“Sedangkan untuk Maluku Tenggara sendiri, ditempatkan di Maluku Tenggara untuk Kota Tual dan Kepulauan Aru, yang notabenennya kan cepat akses. Kalau untuk Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) dan Kepulauan Tanimbar (KKT) digabung menjadi satu di sana,” tambahnya.

Samal menambahkan, saat ini ada 5 cold room dan 1 penambahan cold room di kota Ambon. “Dan untuk Kota Madya Ambon dan sekitarnya, ada di Ambon, di dinas kesehatan sendiri,” tutupnya. (MG-2)

Comment