by

Maluku Upayakan Kerjasama Dengan China dan Turki

AMBON-BKA, Pemerintah Provinsi Maluku sedang mengupayakan kerjasama dengan Negara China dan Turki. Kerjasama tersebut nantinya bergerak pada bidang pertanian dan perkebunan, pekerjaan umum, serta kesehatan di wilayah Maluku.

Baca: Harap Ambon Jadi Kota Layak Anak

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Maluku, Semuel Huwae, menyebutkan, hal tersebut merupakan terobosan dari Gubernur Maluku, Murad Ismail.

“Ini terobosan yang dilakukan Gubernur Maluku, berupa kerja sama pertanian dan perkebunan, pekerjaan umum, dan kesehatan di wilayah Maluku. Itu agar Provinsi kita bisa menuju ke arah lebih baik,” ungkap Huwae, kepada wartawan, Selasa (27/7).

Upaya pembangunan ke arah lebih baik itu, sebut Huwae, akan terus dilakukan Pemprov Maluku. Dan pembicaraan terkait rencana kerjasama itu, telah dilakukan Gubernur Maluku secara jarak jauh (teleconference) dengan pihak Turki dan China.

“Gubernur juga berkesempatan menerima dua orang perwakilan delegasi Turki dan China, nantinya akan berkunjung ke Maluku. Untuk menindaklanjuti peluang kerja sama antar-negara tersebut,” ujarnya.

Hasil dari pembicaraan tersebut, tambah dia, Gubernur Bartin di Negara Turki dan sejumlah Menteri Turki, menyatakan kesiapannya berkunjung ke Maluku pada Agustus 2021 mendatang.

“Selain itu, Pemprov Maluku juga akan bekerjasama secara bilateral dengan negara China di berbagai sector. Salah satunya perdagangan,” tutup Huwae. (MG-2)

Comment