by

Mantan Danlantamal IX Ambon Pamitan ke Pimpinan DPRD

Ambon, BKA- Menjelang berakhirnya masa tugas sebagai Danlantamal IX Ambon, Laksamana Pertama (Laksama) TNI Budi Purwanto, melakukan silaturahmi untuk sekaligus berpamitan kepada unsur pimpinan DPRD Provinsi Maluku, karena selanjutnya akan mengembang tugas sebagai Kepala Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal).
Kunjungan mantan Danlatamal tersebut diterima Ketua DPRD Maluku Lucky Wattimury dan Wakil Ketua DPRD Maluku, Asis Sangkala, di ruang kerja Ketua DPRD Maluku, Senin(3/8)

Dalam kesempatan tersebut, mantan Danlantamal IX Ambon menyampaikan ucapan terimakasih kepada Ketua DPRD beserta jajarannya, yang telah mendukung berbagai kegiatan yang dilakukan satuannya salama dia bertugas kurang lebih setahun di Maluku.

Disamping itu dia juga menyampaikan, bahwa kerjasama dalam hubungan Kemuspidaan selama ini telah berjalan dengan membanggakan, sehingga masyarakat Maluku menjadi lebih terlayani.

Dia berharap, agar kerjasama yang telah terjalin dengan baik selama ini, bisa berlanjut dimasa kepemimpinan penggantinya nanti.

Usai pertemuan itu, mantan Danlantamal mengatakan, selama bertugas di Maluku, khsusunya di Kota Ambon, dia memiliki kesan yang sangat luar biasa, kerena Tuhan memberikan Provinsi Maluku kekayaan alam yang berlimpah.

“Saya betul-betul menikmati berdinas di Maluku, khususnya di Ambon. Memang perlu ada upaya yang lebih keras didalam memajukan Provinsi Maluku ini, terutama dari sisi perekonomiannya maupun industri pariwitasa kelautannya,” ujarnya.

Sedangkan terkait sistim operasi laut selama dia bertugas di Danlatamal IX Ambon, Laksama Purwanto mengatakan, sejauh ini sistim operasionalnya masih relatif dan pengamanannya masih aman terkendali. Hanya saja kondisi perairan Maluku yang bila cuaca tidak bersahabat, masih menjadi salah satu penyebab kecelakaan laut, terutama bagi masyarakat nelayan.

Namun atas perintahnya, seluruh jajarannya tetap membantu keselamatan maupun melakukan edukasi, agar masyarakat nelayan tetap aman selama melaut.

“Intinya dalam pertemuan tadi, kita hanya pamitan. Namun ada beberapa saran dan masukan yang kami sampaikan, terutama pada Lumbung Ikan Nasional (LIN) karena 92,4 wilayah Maluku adalah lautan, sehingga perlu digali potensinya untuk kemakmuran masyarakat Maluku,” tandasnya.

Ditempat yang sama, Ketua DPRD Maluku, Lucky Wattimury, menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Laksama TNI Budi Purwanto atas kerjasamanya selama ini, sehingga Maluku tetap aman dan kondusif. Hal ini terjadi karena tidak terlepas dari kerja keras Danlantamal IX Ambon dan jajarannya.

“Beliau ini akan bertugas ditempat yang baru di Jakarta sebagai Kepala Pushidrosal Mabes TNI AL. Melalui percakapan dengan beliau, kalau ditempat tugas yang baru nanti akan bertugas untuk melakukan pemetaan laut. Dan ini juga berkaitan dengan Maluku, dimana kita sementara perjuangkan sebagai daerah kepulauan.

Sehingga mudah-nudahan ada waktu yang tepat, kita juga akan membicarakan tentang LIN ataupun provinsi kepulauan. Bahkan kami juga akan minta, akan datang di kantor beliau agar kita bisa ngomong sedikit tentang pengembangan laut Maluku itu nanti seperti apa,” pungkas Wattimury. (RHM)

Comment