by

Masih Ada Anggaran Covid-19 di APBD 2021

Ambon, BKA- Pemerintah Provinsi (pemprov) Maluku masih mengalokasikan anggaran untuk penanganan Covid-19 pada APBD 2021. Memang anggarannya lebih kecil dibanding APBD 2020 yang mencapai Rp 172 miliar lebih.

Ketua DPRD Provinsi Maluku, Lucky Wattimury, mengungkapkan, fokus penganggaran untuk APBD 2021 mendatang memang tidak lagi fokus pada penanganan Covid-19.

Namun Pemprov Maluku masih perlu waspada terhadap penyebaran penularan Covid-19. Sehingga masih perlu dianggarkan untuk APBD 2021 mendatang.

“Memang tahun ini (2021) tetap dianggarkan, meskipun ada penurunan. Namun saya tidak tahu persis berapa anggarannya. Tapi dalam APBD tetap anggarkan penanganan Covid-19,” ungkap Wattimury, pekan kemarn.

Selain itu, terang Wattimury, anggaran Covid-19 yang dialokasikan pada APBD 2021, akan lebih difokuskan pada program pemberdayaan masyarakat, untuk penguatan ekonomi dan sosial masyarakat.

Hal itu dilakukan, katanya, asyarakat tidak lagi terbawa dengan situasi yang bisa mengancam diri sendiri.

“Yah kalau kemarin kita lebih terfokus anggaranya untuk penanganan Covid-19, tahun ini anggarannya pemerintah lebih fokus pada program pemberdayaan masyarakat dibidang masing-masing dalam penguatan dibidang ekonomi dan sosial,” ucapnya.

Selain itu, alokasi anggaran APBD 2021 juga diperuntukan untuk bidang-bidang lain. “Kita tetap waspada, tapi kita juga harus tetap maju. Kita juga tetap melakukan langkah-langkah tepat, baik dalam bidang ekonomi maupun sosial, sehingga masyarakat kita dapat dipulihkan kembali,” pungkasnya.(RHM)

Comment