by

Masih Ada Kecamatan di SBT Yang Blank Spot

Ambon, BKA- Sampai sekarang, masih ada sejumlah kecamatan di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) yang belum dapat menikmati layanan jaringan telekomunikasi atau blank spot.

Anggota Komisi I DPRD Provinsi Maluku, Alimudin Kolatlena, mengungkapkan, bahkan kecamatan yang masih blank spot itu merupakan kecamatan tua dan memiliki jumlah penduduk yang terbilang cukup banyak di kabupaten itu. Misalnya di Kecamatan Kecamatan Seram Timur di Geser, Gorong, Ondor dan Kataloka.

Walau begitu, Alimudin mengaku, sudah ada banyak progres yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) SBT untuk memperbaiki masalah tersebut.

“Memang soal layanan jaringan Telekomunikasi dan internet di SBT, memang sejauh ini ada progres dari Pemda melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Tapi masih banyak juga daerah yang blank spot,” ungkapnya.

Sebagai respentatif masyarakat SBT di DPRD Provinsi Maluku, Alimudin meminta Pemkab SBT harus lebih cepat dan proaktif untuk menghadirkan layanan telekomunikasi dan internet kepada masyarakat, terutama pada daerah blang spot.

“Kita juga minta kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) lewat Dinas Kominfo, agar bisa melakukan intervensi-intervensi untuk bagaimana juga bisa menghadirkan layanan telekomunikasi dan internet di SBT. Karena kita tahu bersama, bahwa akses internet dan telekomunikasi sudah menjadi kebutuhan paling dasar bagi masyarakat saat ini,” terangnya.

Alimudin yakin kalau masyarakat disana sangat berharap kehadiran jaringan telekomunikasi di daerahnya. Sehingga mereka pasti akan merelakan lahan untuk pembangunan tower.

Yang terpenting, lanjutnya, Pemkab SBT bisa lebih pro aktif membangun komunikasi dengan masyarakat, berkaitan dengan lahan yang akan digunakan untuk pembangunan tower telekomunikasi.

“Lahan yang dibutuhkan ini kan tidak besar. Kira-kira yang dibutuhkan kurang lebih 3 kali 3 meter persegi, untuk membangun satu tower. Dan untuk itu, insyah Allah masyarakat sudah pasti siap memberikan lahannya, karena kebutuhan akan jaringan telekomunikasi dan internet cukup besar,” yakinnya.(RHM)

Comment