by

Masyarakat Terdampak Bencana Desa Sawa Dapat Bantuan Pemkab

Ambon, BKA- Pemerintah Kabupaten Buru menyalurkan sejumlah bantuan bagi masyarakat Desa Sawa, Kecamatan Lilialy, yang terdampak bencana alam angin puting beliung, beberapa waktu lalu.

Penjabat Sekertaris Desa (Sekdes) Sawa, Aryadi Umamiti, mengungkapkan, pada kejadian itu, delapan rumah warga serta tiga ruangan dan mushallah MTs LKMD Sawa mengalami kerusakan. Terutama pada bagian atap.

Untuk itu, Aryadi langsung berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Buru, pasca bencana itu. Terkait penanganan bencana yang melanda rumah warga dan sekolah MTs LKMD Sawa.


Selain itu, pihaknya juga berkoordinasi dengan Menteri Agama terkait kerusakan bangunan MTs LKMD Sawa dan musolah tersebut.

“Akibat angin puting beliung ini, ada 8 rumah warga yang rusak parah, kemudian ruangan sekola MTs LKMD 3 bilik yang hancur, dan atap musolah juga rusak,” kata Aryadi, kepada BeritaKota Ambon, pekan lalu.

Dari hasil koordinasi itu, Pemkab Buru juga meminta pihak Pemerintah Desa Sawa untuk mendata jumlah rumah warga yang rusak maupun fasilitas umum, untuk segera disalurkan bantuan lainnya.

“Pemda sudah suruh kami buat pendataan terkait jumlah kerusakan rumah warga maupun sekolah, untuk diberikan bantuan mulai dari kayu sampai atap rumah,” terangnya.

Hasil pendataan yang disampaikan ke Pemkab Buru tersebut langsung direspon, dengan penyaluran bantuan kepada masyarakat.

“Pihak pemda telah merespon terkait penanganan bencana yang melanda warga Sawa, mulai dari bahan kayu sampai kerusakan pada atap rumah,” pungkas Aryadi.(MG-1).

Comment