by

MBD Berlakukan PJJ 10 hari

Ambon, BKA- Menunjang pelaksanaan rapid test massal di seluruh lingkup Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintahan Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat memberlakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), selama 10 hari kedepan.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten MBD, Ferdinand Lewier, menyebutkan, pemberlakuan PJJ telah berlangsung sejak tanggal 16 Februari kemarin dan akan berakhir pada 26 Februari 2021 pekan depan.
Dikatakan, PJJ akan diberlakukan pada pendidikan tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP), khusus yang berada di kelurahan Tiakur, desa Wakarlely dan desa Kaiwatu.

“Kebijakan yang ditempuh ini tidak bertentangan dengan instruksi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud). Untuk pelaksanaan tatap muka pada semester II harus berjalan walaupun dalam situasi pandemik Covid-19,” terangnya

Menurut dia, pemberlakuan PJJ disuatu wilayah tentu untuk mengurangi peningkatan penularan dan mengurangi kerawanan penyebaran Covid-19 di wilayah kabupaten MBD. Bahkan pemberlakuan PJJ telah mendapatkan Izin dari Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Percepatan Covid-19 MBD serta atas permintaan dan persetujuan orang tua murid.

“Dalam pelaksanaan rapid test dan yang dilaksanakan oleh Satgas penangan percepatan covid-19 sebelumnya, berdasarkan hasil yang diterima ada masyarakat, dalam hal ini orang tua murid yang terindikasi reaktif. Bahkan ketika dilanjutkan ke tingkat swab, terdapat orang tua murid yang terkonfirmasi positif covid-19,” katanya

Lanjutnya, berdasarkan hasil tersebut maka Dinas Pendidikan dan Kebudayaan MBD mengambil langkah untuk memberlakukan PJJ selama proses rapid test berlangsung sebagai langkah antisipasi serta dukungan terhadap upaya pemutusan penyebaran virus Covid-19.

Lewier menegaskan dalam pelaksanaan PJJ ini, sekolah memiliki peran penting. Dikarenakanmekanisme metode PJJ dilimpahkan kepada setiap sekolah. Dan untuk sekolah-sekolah yang akan diberlakukan PJJ antara lain , PAUD Tiakur, Wakarlely dan Kaiwatu. Kemudian SD Negeri 1 Tiakur, SD Negeri 2 Tiakur, SD Wakarlely, SD Kaiwatu dan SMP Negeri 1 Tiakur dan SMP Negeri 2 Tiakur. (GEM)

Comment