by

MBD Berlakukan PPKM Mikro Level-3

TIAKUR-BKA, Pemerintah Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) memberlakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro Level-3.

Kebijakan itu ditetapkan pada rapat bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) bersama Satuan Tugas (Satgas) penanganan dan percepatan Covid-19 Kabupaten MBD, yang dipimpin Bupati MBD, Benyamin Thomas Noach, di ruang rapat Kantor Bupati MBD, Selasa (27/7).

Baca: Satgas Covid-19 Lakukan Operasi Pendisiplinan Prokes

Noach mengatakan, perkembangan kasus Covid-19 di Kabupaten MBD mengalami peningkatan. Sehingga harus dilakukan penanganan yang serius, untuk menurunkan jumlah kasus tersebut.

Peningkatan kasus Covid-19 di MBD, katanya, dipengaruhi oleh akses keluar-masuk wilayah antar pulau.

Karena itu, lanjutnya, akses masuk-keluar kabupaten maupun antar pulau di Kabupaten MBD, baik melalui jalur laut dan udara, harus diperketat.

“Pemberlakuan rapid test antigen bagi seluruh pelaku perjalanan harus tetap dilakukan. Bahkan bagi seluruh pelaku perjalanan, diwajibkan untuk tetap melakukan karantina mandiri selama empat hari,” tegas Bupati.

Menurutnya, pemerintah tidak dapat membatasi aktivitas transportasi laut di Kabupaten MBD, karena merupakan satu-satunya akses untuk memenuhi kebutuhan sandang dan pangan di kabupaten itu.

Namun hal tersebut, katanya, perlu menjadi perhatian Satgas Covid-19, agar protokol kesehatan dan berbagai ketentuan lain, tetap diperhatikan.

“Untuk meringankan beban masyarakat yang akan melakukan perjalanan, Pemkab MBD akan menurunkan tarif rapid antigen agar mudah dijangkau masyarakat luas,” terang Noach.

Untuk itu, katanya, penerapan PPKM Mikro level-3 akan disesuaikan dengan jumlah kasus Covid-19. Dengan harapan, kasus Covid-19 semakin berkurang, sehingga masyarakat dapat kembali beraktifitas seperti biasa.

“Upaya pemerintah tidak berjalan baik tanpa dukungan masyarakat, karena itu masyarakat diharapkan dapat menunjang upaya pemerintah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dalam beraktifitas sehari-hari,” tandas Noach. (GEM)

Baca juga: Bupati Minta Masyarakat Ikut Vaksin Tahap II

Comment