by

MBD Butuh Tenaga Guru

Kepala Cabang (Kacab) Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), Vecky Hematang, mengungkapkan, Kabupaten MBD masih sangat kekurangan guru SMA dan SMK.

Sesuai hasil analisis kebutuhan guru yang dilakukan pada 21 SMA dan 9 SMK yang ada di kabupaten itu. masih banyak sekolah yang mengalami kekurangan guru, misalnya guru mata pelajaran Matematika.

“Saya tidak bisa katakan kira-kira berapa guru yang dibutuhkan, karena saya harus lihat datanya dulu. Tapi misalnya, untuk guru mata pelajaran Matematika masih minim. Untuk satu sekolah, sebenarnya minimal 1 guru di setiap sekolah. Namun yang terjadi, di MBD itu hanya terdapat 15 guru Matematika yang PNS. Itu berarti masih kurang 15 guru Matematika lagi, sebab jumlah SMA dan SMK itu ada 30 sekolah di MBD. Jadi kalau bicara soal tenaga guru di MBD, masih butuh banyak,” kata Hematang, Selasa (18/5).

Sebagai perpanjangan tangan Disdikbud Provinsi Maluku di Kabupaten MBD, pihaknya hanya bertugas melakukan anilisis kebutuhan guru di setiap sekolah. Tidak berhak untuk mengusulkan langsung kepada pemerintah pusat, terkait kebutuhan tenaga guru di daerah.

“Dari analisis kebutuhan guru yang sudah dikirimkan ke Dinas Pendidikan Provinsi Maluku, nantinya mereka yang lihat untuk selanjutnya mengusulkan ke pusat,” terangnya.

Dia berharap, seleksi PPPK tahun 2021 mampu menjawab kebutuhan guru di Kabupaten MBD. “Mudah-mudahan di tes PPPK ini, banyak anak-anak dari MBD yang lulus, guna menjawab kebutuhan tenaga guru di MBD,” harap Hematang. (LAM)

Comment