by

MBD Dukung Program Mahasiswa Mengajar

Ambon, BKA- Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), Ferdinand Lewier, siap mendukung program mahasiswa mengajar yang diluncurkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim, pada 9 Februari lalu.

“Kami sangat mengapresiasi program mahasiswa mengajar yang sudah diluncurkan Pak Mendikbud. Itu akan sangat membantu kami dalam upaya mendidik anak-anak bangsa, khusus yang ada di MBD. Karena itu, kami tetap siap mendukung pelaksanaannya,” ucap Lewier, Minggu (14/2).

Di Kabupaten MBD, katanya, masih banyak kendala yang harus dihadapi oleh pemerintah daerah dalam upaya membangun mutu pendidikan. Salah satunya, minimnya tenaga guru pada sejumlah sekolah.

Untuk itu, katanya, berbagai kebijakan pemerintah pusat yang berkaitan dengan pengembangan mutu pendidikan, pasti akan didukung.

“Tahun 2020, kita pernah menerima mahasiswa dari Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU) Tiakur untuk mengajar pada sekolah-sekolah yang kekurangan guru. Salah satunya SD Negeri Weet. Sehingga kami bersyukur dengan adanya program mahasiswa mengajar dari Kemendikbud. Kan semua proses menjadi tanggungjawab pusat, jadi kita siap saja. Kalau pada saatnya dijalankan, pasti kami mendukung demi perbaikan kualitas pendidikan di MBD,” ujarnya.

Untuk diketahui, program mahasiswa mengajar ini akan mulai berjalan pada 22 Maret hingga 25 Juni mendatang, dengan prioritas pelibatan mahasiswa yang berdomisili di dekat sekolah sasaran.

Tujuan dari pelaksanaan program tersebut, diantaranya, menghadirkan mahasiswa sebagai bagian dari penguatan pembelajaran literasi dan numerasi. Kemudian, membantu pembelajaran pada masa pandemi, terutama untuk SD di daerah 3T (terdepan, terluar, dan tertinggal).

Untuk tahap I tahun 2021, pemerintah akan menerima sebanyak 15 ribu mahasiswa untuk mengikuti program Kampus Mengajar pada satuan pendidikan tingkat dasar. (LAM)

Comment