by

MBD Juara I Destinasi Baru Terpopuler API 2020

Anugerah Pesona Indonesia (API) 2020 kembali melahirkan pesona-peaona baru pariwisata Indonesia.

Anugrah bergengsi yang merupakan ajang apresiasi masyarakat terhadap pariwisata Indonesia itu sudah dimulai sejak 2016 lalu, telah berhasil mengangkat dan mempromosikan lebih dari 700 destinasi dan produk pariwisata yang ada di seluruh Indonesia.

Tahun ini, Provinsi Maluku berhasil menempatkan perwakilannya di ajang bergengsi itu. Pulau Welora di Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD).

Bukan hanya masuk sebagai nominasi, Pulau Welora bahkan meraih juara I Kategori Destinasi Baru Terpopuler API 2020.

Penganugerahan award juara I Kategori Destinasi Baru Terpopuler API ke-5 itu, diterima langsung oleh Bupati MBD, Benjamin Th. Noach, di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Kamis (20/5/2021).

Noach mengatakan, penghargaan yang diraih ini merupakan kerja keras seluruh komponen masyarakat Kabupaten MBD, terlebih khusus masyarakat Pulau Welora.

Dia berharap, setelah Gunung Kerbau dan Pulau Welora, akan ada lagi lokasi wisata ataupun produk penunjang pariwisata Kabupaten MBD yang dapat diusulkan menjadi nominasi pada API mendatang.

“Penghargaan ini adalah hasil kerja keras masyarakat Welora secara khusus dan masyarakat MBD secara umum. Pemda MBD hanya membantu mengusulkan ke pihak penyelenggara API 2020. Penghargaan ini dipersembahkan kepada masyarakat MBD,” ujar Noach.

Menurutnya, Kabupaten MBD memiliki banyak potensi wisata, baik laut, pantai maupun produk penunjangnya. Sehingga dia berkeinginan untuk terus mengembangkan potensi pariwisata di Kabupaten yang bertajuk “Kalwedo” tersebut.

“Sebagai putera MBD, saya berkeinginan untuk mengembangkan potensi-potensi pariwisata di MBD. Tapi tentunya harus ada dukungan masyarakat,” tandasnya.

Pada API Award 2020 ini, Maluku meloloskan beberapa kategori, yaitu, Digital Tourism meraih juara III kategori Promosi Pariwisata Digital Terpopuler, Ambon City of Music meraih juara II untuk kategori Brand Pariwisata Terpopuler, Tarawesi Motocross Kabupaten Buru meraih juara III untuk kategori Wisata Olah Raga dan Petualangan Terpopuler, Pulau Welora di Kabupaten Maluku Barat Daya meraih juara I kategori Destinasi Baru Terpopuler, serta Rumah Pohon Waai Kabupaten Maluku Tengah meraih juara I Destinasi Kreatif Terpopuler.(GEM)

Comment