by

MBD Lakukan Vaksin Tahap I dan II

Ambon, BKA- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maluku Barat Daya (MBD) lewat Satgas Covid -19, kembali melakukan vaksinasi Covid -19 tahap satu dan dua kepada tenaga kesehatan serta non kesehatan di Dinas Kesehatan Kabupaten MBD dan Rumah sakit Umum Daerah (RSUD) Tiakur, Selasa (23/2).

Kepala Dinas Kesehatan MBD, mengatakan, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dilakukan kepada 64 orang dan berpusat pada empat lokasi. Diantaranya RSUD Tiakur dengan jumlah peserta sebanyak 25 orang, Puskesmas Weet sebanyak 17 orang , Puskesmas Serwaru sebanyak 16 orang dan Puskesmas Tiakur sebanyak 6 orang.

Dikatakan, vaksinasi Covid-19 di Kabupaten MBD tidak hanya diprioritaskan kepada tenaga kesehatan melainkan bagi tenaga non kesehatan yang beraktivitas langsung dalam penanangan Covid -19.
“Untuk tenaga kesehatan yang dilakukan vaksinasi yakni dokter, perawat, dan bidan, radiografer, penata anastesi dan analis laboratorium. Sementara itu bagi non tenaga kesehetan merupakan pegawai dinas kesehatan,” sebutnya.

Lanjutnya, kendati wilayah Kabupaten MBD memiliki status zona hijau, namun upaya pencegahan penting dilakukan. Terkhususnya kepada pihak-pihak yang terkontaminasi langsung dengan penangan covid-19.

Akan tetapi, tambah dia, vaksinasi bukanlah solusi untuk memutus rantai peneybaran Covid-19. Sehingga diharapkan masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan, agar tidak menimbulkan klaster baru penyebaran Covid-19 di MBD. (GEM)

Comment