by

MBD Masuk Angkatan 3 Program Sekolah Bergerak

beritakotaambon.com,- Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) bersama tiga kabupaten/kota di Provinsi Maluku, masuk dalam angkatan ke tiga, pelaksanaan program sekolah penggerak yang dicanangkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI pada Februari 2021 lalu.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan MBD, Ferdinand Lewier, Kamis (13/1) mengatakan, sesuai dengan arahan Mendikbud, Program Sekolah Penggerak untuk mewujudkan visi reformasi pendidikan Indonesia yang fokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistic, melalui enam Profil Pelajar Pancasila.

“Program Sekolah Penggerak adalah upaya mewujudkan visi pendidikan Indonesia, dalam mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila,” terang Lewier.

Sejak dicanangkan, lanjut dia, Provinsi Maluku baru mendapat kesempatan untuk menerapkan program tersebut. Dimana empat kabupaten/kota yang dipilih pada angkatan ke tiga tahun 2022 diantaranya Kabupaten MBD, Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT), Buru Selatan (Bursel) dan Kota Tual.

“Kita baru mendapat panggilan dari Kemendikbud untuk mengikuti sosialisasi bersama kabupaten/kota lainnya di Indonesia, pada 17 Januari 2022. Dan untuk penerapan program sekolah penggerak ini, baru akan dijalankan pada tahun ajaran 2022-2023,” terang dia.

Menurut Lewier, setelah pelaksanaan sosialisasi di Makasar nanti, pihaknya akan melakukan sosialisasi ke seluruh sekolah di masing-masing daerah. Sekaligus melihat kesiapan, baik kapasitas tenaga pendidik maupun fasilitas sekolah.

“Untuk MBD, jumlah sekolah yang ada terdiri dari 155 SD dan 58 SMP. Tetapi tidak seluruh sekolah akan dilibatkan dalam program tersebut. Mengingat fasilitas sekolah harus sesuai dengan ketentuan yang ada, yakni berbasis Information Communication Technology (ICT),” ungkapnya.

Menurutnya, sebelum program tersebut dijalankan, pemerintah daerah juga wajib melakukan Memorandum of Understanding (MOU) bersama Kemendikbud. Sehingga nantinya pemda dapat lebih mempersiapkan kebutuhan-kebutuhan sekolah, dalam menunjang kualitas pendidikan di daerahnya. (GEM)

Comment