by

MBD Siap Vaksin Tahap Satu

Ambon, BKA- Usai pendistribusian vaksin covid-19, Pemerintah Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) siap melaksanakan vaksinasi tahap satu, pada tanggal 29 Januari 2021. Penteapan waktu vaksinasi ini setelah dilakukan rapat bersama antara Pemerintah Kabupaten MBD dengan Forkopimda, Rabu (27/1).

Rapat bersama yang berlangsung di kantor bupati MBD itu, dipimpin langsung Bupati MBD, Benjamin Thomas Noach, dan turut dihadiri Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Percepatan Covid-19 MBD. Yakni untuk membahas pelaksanan vaksinasi yang akan dilakukan dalam dua kali pentahapan.
Yakni tahap satu akan dilaksanakan pada 29 Januari, dan tahap dua direncanakan berlangsung di bulan Maret hingga April 2021.

Benjamin Thomas Noach, dalam arahannya mengatakan, vaksinasi tahap satu akan diprioritaskan kepada forkopimda dan tenaga kesehatan se-kabupaten MBD. Tetapi sebelum pelaksanaan vaksinasi tahap satu, Satgas Covid-19 akan menggelar sosialisasi kepada masyarakat.

“Jadi sebelum kita melakukan vaksinasi tahap satu, kita akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait berita-berita hoaks, tentang dampak vaksinasi yang menyebar di media sosial. Karena kebanyakan berita tersebut mengambarkan tentang dampak negatif dari vaksin sinovac tersebut, sehingga ada keraguan dari masyarakat untuk divaksin,” jelasnya.

Kata dia, sebelum dilakukan vaksin, nantinya peserta vaksin akan dilakukan skrining untuk dapat mengetahui riyawat penyakit dari orang yang akan divaksin. Dimana setiap peserta vaksin yang memiliki masalah kesehatan seperti jantung, diabetes, darah tinggi, dan ada dalam masa pengobatan. Juga bagi ibu hamil dan menyusui serta pernah terkonfirmasi covid-19 terlebih khusus bagi orang yang usianya diatas 60 tahun.

Diakuinya, selaku bupati, Ia menjadi peserta pertama yang akan divaksin. Kemudian diikuti peserta lain seperti Ketua DPRD Kabupaten MBD, Kapolres MBD, Dandim 1511/Pulau Moa, Kepala Kejaksaan Negeri MBD, Tokoh Agama, serta Putri Pariwisata MBD, Tesa Akse Dan tenaga medis/kesehatan. Sementara untuk tahap dua akan dilakukan vaksin kepada seluruh masyarakat. (BKA-4)

Comment