by

Mei Pendataan KB Ditargetkan Selesai

Ambon, BKA- Ditargetkan Mei 2021 mendatang, pendapataan bagi Keluarga Berencana (KB) selesai. Demikian disampaikan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Ambon, Welly Patty.
Menurut dia, pendataan yang saat ini dilakukan pihaknya, guna dijadikan
sebagai rujukan, sumber perencanaan tentang kependudukan dan juga data keluarga.

“Setelah itu, data itu akan dimanfaatkan pemerintah untuk perencanaan, intervensi program KB dan pengendalian penduduk secara nasional,” ungkap Welly, kepada wartawan, Rabu (7/4).

Diakuinya, hal tersebut mestinya sudah dilakukan sejak tahun 2020 kemarin. Namun kandas akibat merebaknya pandemi Covid-19 yang masih mewabah di kota bertajuk Manise ini.

“Kegiatan ini serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia pada 1 April 2021. Jatah untuk Kota Ambon sendiri sebanyak 68 ribu kepala keluarga (KK),” sebutnya.

Sambung dia, pendataan dilakukan sebanyak 400 kader dari DPPKB Kota Ambon. Mereka sebelumnya telah melakukan pelatihan yang berkaitan dengan pengambilan data warga.

“Kali ini pendataan dilakukan berbeda dari sebelumnya. Sebab, pendataan dilakukan dengan menggunakan smartphone. Tetapi mereka juga pakai formulir pendataan,” terangnya.

Tambah Welly, pendataan dimaksud dilaksanakan diseluruh kabupaten/kota yang ada di provinsi Maluku. “Itu terdiri dari pengelola data, manager data, supervisor,” imbuhnya. (IAN)

Comment