by

Mei, Simulasi Belajar Tatap Muka

Ambon, BKA- Dinas Pendidikan Kota Ambon memastikan, pihaknya akan melakukan simulasi belajar tatap muka untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) pada bulan Mei 2021 nanti.
Hal ini menanggapi Surat Keputusan Bersama (SKB) empat menteri, terkait panduan penyelenggaraan pembelajaran di masa pandemi Covid-19 untuk sekolah tatap muka mulai pada Juli 2021 mendatang.

“Ini berkaitan dengan Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan Kota Ambon, Fahmy Salatalohy, saat dikonfirmasi wartawan, Kamis (15/4).

Terkait simulasi tersebut, kata dia, pihaknya telah berkoordinasi dengan Sekertaris Kota Ambon, A.G. Latuheru, guna melanjutkan pembahasan dimaksud ke Walikota Ambon, Richard Louhenapessy.

“Beliau (A.G. Latuheru) mengarahkan tetap harus mendapat izin Pak Walikota. Sebab tanpa ada izin beliau tidak bisa jalan. Kita tidak bisa paksa. Kita tunggu pertimbangan beliau, bagaimana dengan kondisi Ambon saat ini,” terangnya.
Disinggung berapa sekolah yang telah disiapkan untuk melakukan simulasi belajar tatap muka, Fahmy mengaku, belum dapat dipastikan. Namun pihaknya tetap akan melakukan simulasi di tingkat SD dan SMP.
Simulasi berjalan, lanjut dia, tidak terlepas dari protokol kesehatan. Guna meminimalisir angka terkonfirmasi positif Covid-19 di kota bertajuk Manise ini.
“Mungkin SMP sekitar 4 sekolah atau 5 sekolah, nanti kita lihat. SD beberapa saja untuk dijadikan contoh. Intinya memang harus ada simulasi. Tapi protokol kesehatan juga tetap diterapkan selama simulasi berjalan,” tegasnya. (IAN)

Comment