by

Memori Kasasi Ferry Tanaya Masuk MA

beritakotaambon.com – Vonis bebas yang dijatuhkan majelis Hakim Pengadilan Tipikor Ambon terhadap Ferry Tananya dan Abdul Gafur Laitupa dalam kasus dugaan korupsi penjualan lahan milik Negara untuk pembangunan proyek PLTMG di Namlea, Kabupaten Buru, tidak lantas membuat keduanya dapat menghirup udara segar.

Keduanya harus menghadapi proses hukum lanjut , setelah Kejati Maluku memasukkan memori atau dokumen Kasasi atas keduanya ke Mahkamah Agung.

Memori kasasi dikirim Kejati Maluku melalui Pengadilan Tipikor Ambon resmi sudam masuk MA.

“Sudah, memori kasasinya sudah di masukan sejak pertengahan Agustus kemarin, dan dipastikan memorinya sudah masuk ke MA,”ungkap Kasipenkum dan Humas Kejati Maluku Wahyudi Kareba kepada wartawan Rabu (8/9).

Dikatakannya, saat ini jaksa menunggu proses lanjut setelah memori kasasi dikirim.

Baca juga: Fery Tanaya Divonis Bebas

Sebelumnya, Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Ambon. Jumat (6/8), menjatuhkan vonis bebas murni (Vrijspraak) kepada Ferry Tanaya.

Dalam putusan majelis hakim yang diketuai Pasti Tarigan, disebutkan terdakwa Ferry Tanaya, tidak bersalah sebagaimana yang dituduhkan Jaksa Penuntut Umum dalam dakwaannya.

“Terdakwa Ferry Tanaya dinyatakan tidak terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah sebagaimana didakwakan jaksa dalam tuntutan primer dan subsider, membebaskan terdakwa dari semua dakwaan jaksa,” ucap Hakim Tarigan saat membacakan amar putusan.

Tak hanya memvonis bebas Tanaya, Majelis Hakim juga meminta jaksa untuk segera mengembalikan apa yang menjadi hak dan martabat dari Tanaya serta membebaskan terdakwa dari dalam tahanan.

Baca juga: Status Hukum Fery Tanaya Tergantung Putusan Kasasi

“Memerintahkan jaksa agar terdakwa segera dibebaskan dari dalam tahanan, dan mengembalikan hak dan martabat terdakwa,” tandas hakim. (SAD)

Comment