by

Menentukan Kelulusan Sekolah Fokus UAS

Kepala SD Negeri 79 Ambon, Abdullah Suamole, mengatakan, saat ini pihaknya tengah fokus mempersiapkan pelaksanaan Ujian Akhir Sekolah (UAS) sebagai penentu kelulusan, menggantikan Ujian Nasional (UN).

“Untuk menentukan kelulusan tahun ini, ada beberapa item. Dan itu dari sekolah sudah siapkan jauh-jauh hari. Namun karena penilaian yang paling penting adalah nilai UAS, maka saat ini sekolah lagi fokus untuk persiapan pelaksanaannya. Soal akumulasi nilai semester dari kelas I sampai V, kita sudah rangkum semua. Tinggal saatnya kita buat UAS ini. Kira-kira seperti apa nantinya, akan kita atur,” ujar Suamole, Senin (8/2).

Menurutnya, Karena UAS dijadikan sebagai pengganti UN, maka teknis pelaksanaan maupun penilaiannya berbeda. Soal waktu pelaksanaan ujian, tergantung Pemerintah Pusat (Pempus).

“Mamang terkait kesiapan, seperti, soal-soal ujian hingga penilaian, menjadi tanggungjawab masing-masing Satuan Pendidikan (SP). Namun waktu pelaksanaan, itu ditentukan pemerintah pusat. Karena UAS nanti diadakan secara nasional,” tuturnya.

Hal itu dilakukan berdasarkan Surat Edaran (SE) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nomor 1 tahun 2021, yang telah memberikan kewenangan kepada sekolah untuk menentukan kelulusan sesuai petunjuk yang sudah ditetapkan dari Pempus.

“Ujian dalam bentuk portofolio berupa evaluasi atas nilai rapor, nilai sikap/perilaku dan prestasi siswa, penugasan, tes yang dilakukan secara Luring atau Daring atau juga bisa dalam proses ujian yang diatur oleh sekolah. Nah ujiannya yang sekolah buat adalah UAS yang sementara ini kita siapkan. Semoga pada saatnya berjalan lancar,” tutup Mantan Kepsek SDN 40 ini. (LAM)

Comment