by

Mentri KKP Akan Percanggi Keamanan Laut

Cegah Pencuri hasil laut Maluku

Ambon, BKA- Menghindari pencurian ikan di laut Maluku yang sering dilakukan oleh kapal asing, Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Edhy Prabowo, akan mempercanggih sistem infrastruktur keamanan laut di Provinsi Maluku.

Salah satu upaya yang akan dilakukan, yakni, memperkuat pemantauan keamanan laut dari sisi pengindaraan lewat satelit. “Menteri Pertahanan nanti juga akan menghidupkan pengawasan secara satelit. Dan untuk diketahui, Menteri Pertahanan sudah memberikan ruang atas upaya tersebut,” tuturnya, saat memberikan keterangan pers di Kantor Gubernur Maluku, Senin (31/8).

Walaupun begitu, dia mengakui, kalau masih memiliki sedikit kekurangan untuk menjaga laut. Misalnya, senjata di kapal khusus penjagaan belum sepenuhnya canggih. Untuk itu, nantinya akan diusahakan perlengkapan penjagaan.

Edhy mengaku, selama kurang lebih 10 bulan menjabat Menteri KKP, dia terus memantau perkembangan keamanan kelautan. Menurutnya, saat ini banyak kapal pencuri yang sudah berani menabrakan kapalnya ke kapal penjaga. Semua itu terjadi karena kapal penjaga tidak diperlengkapi dengan senjata canggih.

“Kedepan, kita akan menambah kelengkapan persenjataan canggih, sehingga mampu memberikan efek jera bagi kapal pencuri, ” tuturnya.

Untuk itu, demi menjaga kelestarian Maluku yang memiliki potensi perikanan, Edhy mengaku, telah menjalin komitmen dengan Gubernur Maluku agar bisa bersama memanfaatkan laut bersama pelestariannya, sehingga nantinya bisa dinikmati dalam jangka waktu panjang.

Bukan hanya, akan mempercanggih sistem infrastruktur keamanan laut, Edhy Prabowo juga menghadiri pelantikan 30 Pejabat Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Maluku, untuk menguatkan pengamanan laut Maluku.
(BKA-1)

Comment