by

Menuju MTQ XXIX Promal, Lapangan Mandriak Gunakan Rumput Turf

Sebagai tuan rumah pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXIX Tinkat Provinsi Maluku pada Oktober mendatang, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Tanimbar serius untuk menyukseskan hajatan tersebut.

Salah satu bentuk keseriusan itu ditunjukkan dengan upaya memperindah Lapangan Mandriak Saumlaki, yang merupakan lokasi utama pelaksanaan MTQ.

Agar lapangan tersebut tetap indah saat pelaksanaan MTQ hingga selesai, Pemkab Kepulauan Tanimbar menyiapkan anggaran khusus untuk penggunaan rumput turf.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT), J. A. Watumlawar, mengungkapkan, anggaran yang disediakan Pemkab Kepulauan Tanimbar untuk pengunaan rumput turf mencapai Rp 200 juta.

Anggaran itu digunakan untuk pembelian bibit rumput hingga proses penanaman dan sebagainya. Khusus untuk pengadaan bibit saja, anggarannya mencapai Rp 50 juta lebih.

“Kami sudah belanja sekitar 30 kilo gram bibit rumput truf senilai Rp 50 jutah lebih. Bibit yang ada sudah kami semaikan di depan kantor,” ujar Watumlawar, Sabtu (15/5).

Penyamaian itu dilakukan sambil menunggu proses pembersihan lapangan selesai dilakukan. Sebab saat ini, dilapangan itu tengah dilakukan proses pembangunan podium utama dan podium pendukung MTQ.

Setelah proses pembangunan tu selesai dilakukan, maka akan dilakukan proses pembersihan lapangan. Setelah itu, baru dilakukan penanaman rumput truf.

“Untuk proses penanamannya sembil menunggu pembersihan lapangan, karena masih dalam tahap pembangunan podium utama dan podium pendukun lainnya,” paparnya.

Namun sesuai jadwal, proses penanaman akan dilakukan pada Agustus mendatang. Sebab proses pembangunan kedua podium tersebut rencananya selesai pada Juni.

“Rumput ini prosesnya agak cepat. Pertumbuhannya berkisar dua minggu hingga satu bulan. Sehingga target penanaman pada bulan Agustus, itu pas untuk kondisi penghijauan pada Lapangan Mandriak,” pungkas Watumlawar.(BTA)

Comment