by

Menunggu Petunjuk Disdikbud Soal Ujian Kelulusan

Ambon, BKA- Kepala SMA Xaverius Ambon, Pius Titirloloby, mengatakan, pihaknya masih menunggu petunjuk pelaksana (Juklak) pelaksanaan ujian kelulusan bagi siswa kelas XII.

Jika saatnya juklak tersebut diturunkan, maka pihaknya akan siap melaksanakan ujian. Karena secara teknis, katanya, sekolah yang dipimpinnya itu sudah siap.

“Soal teknis, kami sudah siap. Karena berdasarkan Surat Edaran (SE) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), masing-masing Satuan Pendidikan (SP) yang mengatur teknis ujian, disesuaikan dengan kondisi Covid-19. Hanya saja kita perlu juga sesuaikan dengan Juklak dari dinas. Jadi kami sementara menunggu petunjuk dari dinas, soal ujian kelulusan tahun ini,” ujar Titirloloby, Selasa (9/2).

Untuk saat ini, katanya, sementara dilakukan pemantapan bagi 148 peserta ujian, menggunakan kurikulum penyesuaian yang sudah ditetapkan pemerintah pusat (Pempus) akibat Covid-19.

“Ditengah situasi seperti ini, memang sulit untuk melakukan pemantapan bagi peserta ujian. Tapi kami akan tetap upayakan untuk lakukan itu. Pokoknya berbagai metode akan digunakan, dengan berdasar pada situasi dan kondisi yang terjadi. Termasuk muatan materi ujian juga akan disesuaikan. Mengingat pandemi, kami tidak bisa berharap banyak,” tutup Kepsek 403 siswa itu. (LAM)

Comment