by

Mercy Barends Sosialisai 4 Pilar di SBT

Ambon, BKA- Anggota DPR RI, Mercy Chriesty Barends dari Fraksi PDI Perjuangan, melakukan sosialisasi empat pilar kebagsaan di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT). Dalam sosialisasi itu, anggota DPR RI dua periode ini memberikan materi secara virtual, yang diikuti puluhan peserta di hotel Surya, Kota Bula, Kamis (18/02).

Menurut Mercy, sosialsiasi empat pilar wajib disampaikan kepada masyarakat sesuai dasar hukum yang tertuang pada undang-undang nomor 17 tahun 2014 jo, UU nomor 42 tahun2014 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD pasal 5 huruf a dan b pasal 11 ayat c.

Selain itu, Peraturan MPR RI nomor 1 tahun 2014 tentang tata tertib MPR RI pasal 6 huruf a dan b, pasal 13 ayat c dan Inpres nomor 6.

“Maka tugas dan kewajiban serta tanggungjawab DPR adalah memasyarakatkan empat pilar kebangsaan,” sebut Mercy.
Dipaparkan, kegiatan sosialisasi Pancasila sebagai dasar dan idiologi negara, Undang-Undang Dasar (UUD) RI tahun 1945 sebagai konstitusi negara, NKRI sebagai bentuk negara dan Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyang negara. Sehingga jangan sampai tidak diamalkan dalam kehidupan masyarakat sehari-hari.

Pentingnya sosialisasi ini, kata dia, agar jangan sampai masyarakat Indonesia terkhusus SBT, lupa megamalkan empat pilar kebangsaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. “Empat pilar kebagsaan ini harus kita implementasikan di keseharian kita,” tandasnya.

Dikatakan, tantangan masyarakat Indonesia saat ini, adalah pengaruh globalisasi dan kapitalisme. “Saat ini kehidupan kita dipengaruhi oleh arul globalisasi yang sangat kencang. Ditambah lagi dengan pengaruh kapitalisme atau pemilik modal. Jagan sampai kita terbawa dan melupakan empat pilar besar itu,” ucapnya.

Untuk itu, Srikandi PDIP ini berharap, peserta yang hadir dalam kegiatan sosialisasi tersebut dapat memberikan pemahaman ke masyarakat sekitar. Dan sama-sama mengamalkan empat pilar kebagsaan dalam kehidupan sehari-hari.

Sementara itu, Ketua DPC PDI Perjungan SBT, Arobi Kelian memberikan apresiasi penuh atas kegiatan tersebut. Kata Arobi, walaupun masih dalam kondisi pandemi Covid-19, sosialisasi ini tetep berlangsung. “DPC PDI Perjungan SBT mengapresiasi kegiatan ibu Mercy Barends,” cetusnya.

Arobi juga berharap, materi yang disampaikan narasumber, dapat diimplementasikan serta dilanjutkan sosialisasi ke khalayak luas. “Apa yang disampaikan dalam pertemuan ini semoga bermanfaat bagi kita masyarakat SBT pada khusnya,” harapnya.

Comment