by

Mercy Sentuh Pelaku Usaha Mikro Kecil

Ambon, BKA- Menjawab berbagai keluhan yang masuk pada rumah inspirasinya, Anggota DPR RI, Mercy Christy Barends memberikan santunan modal usaha bagi perempuan-perempuan Maluku sebagai pelaku usaha mikro kecim (UMK). Hal tersebut untuk menunjang ekonomi keluarga.

“Saya pribadi merasa terpanggil ya, untuk harus menjawab kebutuhan perempuan-perempuan super hebat ini. Dengan program pemberian sentunan modal kepada mereka, saya sudah lakukan ini sejak awal dibeberapa kabupaten kota,” ungkap Mercy, kepada koran ini, akhir pekan kemarin.
Dikatakan, ketika program sentunan itu dilakukan, dirinya bersama Tim Rumah Inspirasi Mercy Barends dan ibu-ibu Maluku, bersepakat memberikan nama dari program tersebut. Yakni Program Perempuan Manis (Mandiri dan Sejahtera).

Stimulan itu juga dilakukan di kota Ambon, yakni sekitar 35 perempuan tangguh telah menerima sentunan sebanyak Rp. 1.000.000 per orang. Karena mengingat modal mereka yang amat sangat kecil, sehingga diharapkan dana yang diberikan dapat membantu usaha mereka.

Para penerima sentunan ini dari semua lintas suku, agama, dan lima kecamatan yang ada di kota Ambon.
“Anggaran tersebut didapatkan dari simpanan sisa reses dan anggaran pribadi saya. Prinsipnya ini dana hiba murni dari saya, karena saya prihatin dengan ibu-ibu yang luar biasa ini. Yang tidak pernah merasa lelah, sekalipun pendapatan mereka dibawa 30 ribu per hari,” jelasnya.

Srikandi asal PDIP ini, juga menyeleksi secara detail bersama timnya terhadap penerima sentunan yang diberikan. Dimana semua penerima santunan, benar-benar orang yang tidak pernah mendapatkan bantuan apapun dari pemerintah atau pihak lain.

“Kami kenapa lakukan seleksi, karena banyak orang yang datang meminta bantua dirumah inspirasi, namun kenyataan mereka tidak ada usaha. Sehingga kami betul-betul seleksi secara detail, dan meminta penerima bantuan menceritakan kisah mereka ketika membuka usaha, serta pendapatan mereka perhari,” terang dia. (BTA)

Comment