by

Miliki Ganja, Warga Passo Terancam 7 Tahun Bui

Ambon, BKA- Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejati Maluku, S. Pentury menuntut David Marthin Fautngijanan (18), warga Kampung Baru, Desa Passo, Kecamatan Baguala, Kota Ambon, dengan pidana penjara selama tujuh tahun di persidangan Pengadilan Negeri Ambon, Selasa (19/1).

JPU dalam amar tuntutannya menyebut, terdakwa dituntut lantaran memiliki narkotika sebanyak satu paket ganja. Terdakwa dinyatakan bersalah melakukan tindak pidana memiliki menyimpan narkotika jenis ganja sebagaimana dalam pasal 111 ayat 1 undang-undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika.

“Menyatakan terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah, untuk itu meminta kepada majelis hakim menjatuhkan hukuman kepada terdakwa selama tujuh tahun penjara,” ujar JPU dalam amar tuntutan di persidangan yang dipimpin ketua majelis hakim, Jenny Tulak Cs, sedangkan terdakwa didampingi kuasa hukumnya Penny Tupan.

Selain pidana bandan, JPU juga membebankan terdakwa membayar denda sebesar Rp.800 juta subsider tiga bulan penjara.
JPU juga menyatakan barang bukti yang dikemas menggunakan plastik klip bening berisikan batang biji dan daun kering dalam amplop kertas warna putih dirampas untuk dimusnahkan.
Diketahui terdakwa tertangkap pada hari Jumat tanggal 14 Agustus sekitar pukul 17: 30 di Indomaret desa Passo Kecamatan Baguala kota Ambon

Penangkapan terhadapnya karena ada informasi dari informan yang mengatakan akan ada transaksi narkotika di sekitar lokasi tersebut
Saat tertangkap terdakwa memiliki satu paket narkotika jenis ganja di saku celana depan sebelah kiri. ganja itu dikemas menggunakan plastik klip bening ukuran sedang dan disimpan dalam amplop putih.(SAD)

Comment