by

Minim Pendaftar, Vaksinasi Tetap Dibuka di Mall

beritakotaambon.com – Meski minim pendaftar vaksinasi Covid-19, Pemerintah Kota Ambon melalui Dinas Kesehatan (Dinskes) tetap membuka lokasi vaksinasi di beberapa pusat perbelanjaan seperti Ambon City Center (ACC), Ambon Plaza (Amplaz) dan Maluku City Mall (MCM).

Kepala Dinkes Kota Ambon, Wendy Pelupessy mengaku, meski belakangan ini lokasi vaksin masih sepi pendaftar, namun dirinya optimis masih ada warga yang akan mendaftar untuk mengikuti program vaksinasi di mall.

Baca juga: Vaksin Merdeka Digelar Polda Maluku di Tantui dan Poka

Kata Wendy, tiga Mall yang menjadi sasaran vaksinasi itu, hanya berlangsung selama dua hari dalam sabtu minggu. Yakni hari Jumat dan Sabtu. Dan sesuai data di lapangan, dari 3 mall tersebut, masyarakat yang sudah mendaftar untuk divaksin Covid-19 sudah mencapai 50 orang.

“Kalau 50 dikali 3 Mall berarti yang divaksin itu sebanyak 300 orang. Sampai sekarang vaksinasi di Mall belum sampai ribuan, masih ratusan,” sebutnya, kepada Wartawan di Kota Ambon, Sabtu (23/10).

Wendy mengaku, pihaknya akan terus turun menjangkau masyarakat agar bisa divaksin di pusat perbelanjaan. “Kita akan terus turun jangkau masyarakat walau sedikit ataupun banyak,” terangnya.

Dikatakan, jika dilihat, pasti ada antusias masyarakat untuk divaksin ketika ingin masuk dalam pusat perbelanjaan. “Yang pasti ada saja antusias masyarakat, karena ingin mau kunjungi Mall dan tidak ada kartu vaksin, pasti akan vaksin,” sebutnya.

Baca juga: Smart City Ambon Jadi Tantangan Terberat

Dia menjelaskan, vaksinasi di pusat perbelanjaan tersebut, mulai dari pagi sampai dengan pukul 20.00 WIT. “Kalau ada yang tidak bisa vaksin dipagi sampai Sore hari itu bisa datang ke Mall untuk vaksin, karena di mall sampai jam 8 malam,” ujarnya.

Mantan Kepala Puskesmas Rijali ini mengungkapkan, jika dihitung secara menyeluruh tempat pelaksanaan vaksin seperti di puskesmas-puskesmas, warga yang divaksin bisa mencapai ribuan.

“Kalau per hari bisa ribuan. Karena puskesmas juga sampai sekarang masih melayani warga yang ingin divaksin kan. Jadi satu hari bisa rata-rata 1.200 orang divaksin. Itu sudah tambah di lapangan dan di puskesmas,” pungkasnya. (IAN)

Baca juga: Widya Ajak Masyarakat Lawan Covid-19

Comment