by

Minta Camat di Buru Gencar Sosialisasi Vaksin

beritakotaambon.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Buru, M Ilias Hamid, meminta para camat hingga kepala desa untuk gencar mensosialisasikan program vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Sekda, saat menyampaikan sambutan Bupati Buru, Ramly Ibrahim Umasugi dan membuka acara pelaksanaan vaksinasi dalam rangka HUT TNI Angkatan Laut ke 76 tahun 2021, di aula Kantor Bupati, Rabu (8/9).

“Kepada seluruh camat dan kepala desa saya minta untuk terus melakukan pendekatan persuasif kepada masyarakat sebagai subjek penerima vaksinasi,” tutur Ilias.

Dijelaskan, 10 camat dan 82 penjabat kepala desa yang ada di Kabupaten Buru, harus gencar melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat dengan bahasa yang mudah dipahami. Agar masyarakat dapat mengikuti program vaksinasi demi pencegahan penyebaran Covid-19.

Baca juga:
DPRD Sahkan LPJ Bupati Buru Tahun 2020

“Mulai hari ini (kjemarin) lakukanlah sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat secara masif, menggunakan narasi yang mudah dipahami, berkelanjutan dan berbasis kolaborasi. Yakinkan kepada masyarakat, bahwa vaksinasi adalah opsi rasional yang dapat ditempuh saat ini,” pesannya.

Menurut dia, saat ini banyak berita palsu atau hoaks yang harus diwaspadai. Untuk itu, masyarakat harus mencari informasi dari sumber terpercaya.

“Pedulilah kepada sesama, dengan menerapkan prinsip filtering before sharing, dan sharing is caring, dalam konteks mencari dan berbagi informasi bermanfaat yang dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya,” pungkasnya.

Baca juga:
Pemkab Buru Sosialisasi Partisipasi Perempuan

Untuk mengetahui data warga yang belum vaksin, para camat juga diharuskan meminta data warga di desa yang layak divaksin, yang sudah divaksin, dan yang belum divaksin. Baik itu di desa maupun yang tinggal di luar desanya. (MSR)

Comment