by

Minta Hakim Bijak Putus Perkara Lahan Lauran

Ambon, BKA- Majelis hakim Pengadilan Negeri Saumlaki diminta untuk bersikap bijaksana dalam memeriksa dan memutuskan perkara perdata dengan No Rek Perkara : 34 / Pdt.G / 2020 / PN Sml, antara penggugat Jefry Yaran melawan tergugat Resa Fordatkosu.

Hal ini perlu sikapi sebaik mungkin majelis hakim, sebab, objek perkara pada Petuanan Desa Lauran, Kecamatan Tanimbar Selatan, Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) tersebut, jika dibuktikan di persidangan, gugatan yang dilayangkan penggugat itu, cacat hukum karena bukti pelepasan hak Tanah Nomor : 593/209/DL//2019 tertanggal 22 Juli 2019 yang dimiliki penggugat Jefry Yaran cacat hukum.
“Saya kira hal ini perlu disikapi majelis hakim, karena bukti-bukti yang dimiliki penggugat itu batal demi hukum,” ungkap kuasa hukum tergugat, Marten Fordatkosu kepada koran ini, Rabu (27/1).

Dia menyebut, sesuai fakta sidang, ketika pemeriksaan saksi, pemilik lahan dalam objek perkara ini, mengaku tidak pernah terlibat dalam proses pengkuran.
Menurutnya, yang mengukur tanah tersebut adalah Simon Sikafir, dialah yang menjual tanah milik saksi Andreas Sikafir kepada Jefry Yaran dan melakukan pengurusan hingga diterbitkannya Surat Pelepasan Hak atas Tanah tersebut. Dan akibat dari pengukuran tanah tersebut telah masuk ke lokasi tanah milik Bapak Yoseph Arwalembun yang saat ini diatasnya terdapat bangunan milik tergugat Resa Fordatkosu.
“Jadi sekali lagi, selaku kuasa hukum tergugat, kami meminta agar ada keadilan dari majelis hakim,” jelasnya.

Pengacara muda ini mengatakan, dalam memutuskan perkara ini, bukan hanya pihak yang berperkara saja yang menunggu seperti apa keputusan hakim, namun semua masyarakat KKT juga pasti ikut menyikapi hal ini. Sehingga, independensi majelis hakim sangat diperlukan. “Ini kan bukti-bukti semua jelas. Gugatan penggugat ini surat pelepasannya bisa dibilang batal demi hukum. Maka otomatis, majelis hakim harus melihat dari bukti-bukti ini. Selain bukti surat pelepasa hak. Ada juga keterangan saksi-saksi dipersidangan yang menguatkan dalil tergugat. Makanya kita berharap majelis hakim bijak dalam memutuskan perkara ini,” pungkasnya.(SAD)

Comment