by

Minta Pengadaan Rapid Antigen di Puskesmas

Ambon, BKA- Pemerintah Kota Ambon diminta untuk segera melakukan pengadaan rapid antigen pada setiap puskesmas di kota Ambon. Sehingga masyarakat yang hendak melakukan perjalanan luar daerah maupun pengurusan di kantor pemerintahan, tidak lagi dipersulit.
Karena sesuai keputusan pemerintah, pelaku perjalanan saat ini harus mengantongi hasil rapid antigen. Sementara fasilitas rapid antigen hanya menumpuk pada beberapa fasilitas pelayanan kesehatan (Fasyankes) saja, seperti RSUP Siloam, Bhakti Rahayu dan RST.

“Karena itu, kami Fraksi PDIP meminta pak Walikota lewat Dinas Kesehatan untuk segera mengantisipasi hal tersebut. Dengan melakukan pengadaan rapid antigen bagi setiap puskesmas yang ada. Karena warga Ambon banyak yang mengeluh soal pelayanan rapid antigen yang menumpuk di beberapa Fasyankes. Sementara di DPRD Provinsi sama kantor Pemprov Maluku saja harus rapid antigen,” pinta Anggota Fraksi PDIP Kota Ambon, Jafri Taihutu, saat menghubungi koran ini, Kamis (28/1).

Dijelaskan, Pemerintah kota lewat dinas terkait harus segera melakukan pengadaan, agar rapid antigen bisa tersedia di seluruh puskemas di kota Ambon. Seperti sebelumnya untuk rapid antibodi, yang awalnya hanya dipusatkan di beberapa Fasyankes dengan harga tinggi, kemudian dapat difasilitasi pemerintah kota ke setiap puskesmas yang ada.

“Maunya kami, pak Walikota atau Kadis Kesehatan buat pengadaan itu. Kan cuma sekitar 350 juta sekian. Sehingga pelayanan kesehatan bisa diberikan ke masyarakat yang hendak lakukan perjalanan masuk dan keluar Ambon. Dan saya kira tidak terlalu bnyak, Cuma tiga ratusan. Kana da Biaya Tak Terduga (BTT), alokasinya ada di BTT kan,” sebutnya.

Dijelaskan, selaku anggota Fraksi PDIP, nantinya akan menyampaikan hal ini kepada Komisi I untuk bisa didorong ke Pemerintah Kota Ambon. Yakni dengan memanggil Dinas Kesehatan untuk mengusulkan agar dapat melakukan pengadaan rapid antigen pada setiap puskesmas yang ada.
“Ini kebutuhan yang sangat urgen. Dan saya kiran meski difokuskan, ketimbang mencetak baliho-baliho yang ada di kota Ambon banyak-banyak itu, mencetak spanduk yang banyak-banyak itu. Tapi rapid antigen sekarang ini sangat penting, karena banyak warga Ambon pelaku perjalanan. ada yang mesti berpergian karena anaknya sekolah diluar Ambon, ada yang mau ke kabupaten kota lain di Maluku, ada yang mau ke jakarta dan lain-lain mesti rapid antigen, tidak bisa rapid antibody,” tandasnya.

Anggota DPRD Ambon 3 periode ini menambahkan, dari sisi sumber daya manusia lingkup Pemerintah Kota Ambon yang ada di Puskesmas maupun di rumah sakit Valentine, siap jika difasiltiasi rapid antigen.

“Karena itu saya minta agar Rapid Antigen segera disiapkan oleh Pemkot Ambon. Sehingga masyarakat bisa menjangkau, apakah di Valentine maupun di puskesmas-puskesmas melayani warga masyarakat untuk rapid antigen,” harapnya. (UPE)

Comment