by

MotoGP Eropa 2020: 14 Pembalap Masih Bisa Jadi Juara Dunia

Jelang MotoGP Eropa 2020 di Sirkuit Valencia, Minggu (8/11), ada 14 pembalap yang masih berpeluang menjadi juara dunia MotoGP musim ini.

MotoGP 2020 sejauh ini sangat sulit diprediksi. Memasuki tiga seri terakhir: MotoGP Eropa, MotoGP Valencia, dan MotoGP Portugal, persaingan gelar juara dunia MotoGP 2020 masih sulit dibaca.
Pembalap Suzuki Joan Mir masih berada di puncak klasemen sementara dengan 137 poin. Pembalap asal Spanyol itu hanya unggul 14 poin atas pembalap Petronas Yamaha Fabio Quartararo.
Secara matematis, dengan 75 poin maksimal yang bisa diraih di tiga seri terakhir, masih ada 14 pembalap yang masih memiliki peluang menjadi juara dunia MotoGP 2020.
Pembalap Avintia Racing Johann Zarco yang berada di posisi 14 klasemen sementara MotoGP 2020 dengan torehan 64 poin, secara matematis masih bisa menggeser Mir dari puncak klasemen pada akhir musim. Poin maksimal yang bisa diraih Zarco pada akhir musim adalah 139 poin.
MotoGP 2020 benar-benar sangat sulit ditebak hingga jelang MotoGP Eropa. Selain memiliki delapan pemenang berbeda dalam 11 balapan, pembalap yang berada di puncak klasemen (Mir) justru pembalap yang belum pernah meraih kemenangan musim ini. Sedangkan Quartararo yang mengoleksi kemenangan terbanyak (3) berada di posisi dua.
Mir merupakan pembalap paling konsisten dalam 11 balapan sejauh ini. Pembalap 23 tahun itu mengoleksi podium paling banyak (6 kali) dan hanya dua kali gagal mendulang poin ketika gagal finis di MotoGP Spanyol dan MotoGP Ceko.
Live streaming MotoGP Eropa 2020 bisa disaksikan melalui CNNIndonesia.com, dengan siaran langsung balapan melalui Trans7.
(INT)

Comment