by

MotoGP Portugal Lebih Seru Ada Marquez?

Penantian panjang sembilan bulan berakhir di MotoGP Portugal 2021, Minggu (18/4). Misteri kemampuan Marc Marquez setelah lama absen akan terjawab di MotoGP Portugal.

273 hari adalah jarak antara kali terakhir Marquez tampil di MotoGP Spanyol 2020 (19 Juli 2020) ke MotoGP Portugal 2021 (18 April 2021). Selama itu pula Marquez harus menunggu untuk bisa kembali ke trek.

Marquez dan Honda sudah belajar dari kesalahan. Kesalahan memaksakan diri tampil di latihan bebas MotoGP Andalusia hingga membuat cedera humerus The Baby Alien semakin buruk.

Honda akhirnya tersadar Marquez adalah satu-satunya senjata andalan mereka untuk meraih sukses di MotoGP, ketika pembalap hebat lainnya, termasuk Jorge Lorenzo dan Dani Pedrosa, tidak bisa menaklukkan sepeda motor RC213V.

Keputusan memberi kontrak jangka panjang hingga 2024 membuat Honda harus benar-benar menjaga kondisi Marquez. Terlebih Pol Espargaro belum menunjukkan tanda-tanda bisa meraih sukses hingga dua seri awal MotoGP 2021.

Semula Marquez sempat diprediksi tampil di dua seri awal MotoGP 2021, di GP Qatar dan GP Doha. Namun, tim dokter melarang. Marquez dan Honda pun tidak memaksakan diri. MotoGP Portugal pun menjadi penanda comeback Marquez setelah sembilan bulan absen.

“Senang bisa kembali ke MotoGP. Saya sebenarnya ingin kembali di MotoGP Qatar, tapi akhirnya dokter melarang dan saya mendengarkan dia. Saya harus benar-benar fokus mendengarkan dokter dan mengerti tubuh saya, jadi saya bisa kembali tampil di MotoGP,” ujar Marquez dikutip dari Marca.

Comeback Marquez di MotoGP Portugal dipastikan tidak akan disambut positif bagi para rival. Para rival tentu akan mengucapkan “Senang melihat Marquez kembali”, namun dalam hati mereka dipastikan was-was. Pasalnya, Marquez yang selama ini tampil sangat dominan di MotoGP.
Marc Marquez di Sirkuit Barcelona Jelang MotoGP Catalunya 2020.Marc Marquez membuat rival was-was dengan tampil di MotoGP Portugal 2021. (Dorna Sports)

Kembalinya Marquez dipastikan akan membuat balapan MotoGP Portugal 2021 menjadi lebih seru. MotoGP tanpa Marquez seperti melihat sepak bola tanpa Lionel Messi atau UFC tanpa Khabib. Kurang menggigit!

Ketika pembalap tercepat menghilang dari trek, maka kemampuan sang juara pun akan dipertanyakan: Bagaimana hasilnya jika Marquez ada? Namun, penantian itu berakhir di MotoGP Portugal 2021.

Kini giliran Marquez yang dihadapi satu pertanyaan penting. Satu pertanyaan yang pastinya ada di pikiran penggemar MotoGP dan rival: Seperti apa kemampuan Marquez setelah pulih dari cedera?

Ada ungkapan di dunia olahraga yang menyebut: “kemampuan atlet akan berubah setelah kembali dari cedera parah”. Ungkapan itu mungkin juga ada dalam benak Marquez jelang tampil di MotoGP Portugal 2021.

Jangan mempertanyakan mentalitas atlet seperti pembalap MotoGP. Sejak awal mereka sudah mengambil risiko besar, mempertaruhkan nyawa di atas sirkuit. Tapi, perlahan tapi pasti mentalitas itu bisa berubah seiring dengan pengalaman pahit seperti kecelakaan.
Mentalitas Marc Marquez akan diuji di MotoGP Portugal 2021. Apakah Marquez akan tetap mengambil risiko langsung tancap gas di Sirkuit Portimao, atau menggunakan MotoGP Portugal sebagai ajang adaptasi.

Tidak ada yang perlu dibuktikan dari Marquez di MotoGP saat ini. Ant of Cervera sudah terbukti, dan tidak diragukan lagi, pembalap terbaik di MotoGP sejak promosi pada 2013. Enam gelar juara dunia MotoGP diraih, kecuali pada musim 2015 dan musim lalu ketika mengalami cedera panjang.

Tim dokter Marquez juga menyarankan The Baby Alien untuk mengambil langkah sedikit demi sedikit dalam melakukan comeback. Jangan langsung mengambil risiko penuh demi mengejar defisit 40 poin di klasemen sementara MotoGP 2021.

Kembali ke kondisi terbaik hingga bisa tampil 100 persen di MotoGP seharusnya menjadi target utama Marquez. Terlebih pembalap asal Spanyol itu masih punya kontrak hingga 2024 bersama Honda.

Marquez tentunya diharapkan Honda tidak melakukan blunder kedua yang bisa berujung dengan cedera yang lebih parah. Apalagi Marquez akan tampil di Sirkuit Portimao, trek yang baru baginya.

Riskan bagi Marquez untuk memaksakan diri langsung meraih hasil bagus di MotoGP Portugal, di trek yang belum pernah dicoba Marquez pada skema balapan. Lebih baik Marquez menjadikan MotoGP Portugal sebagai ajang trial and error.

Tapi, kemungkinan besar sulit bagi Honda untuk menahan laju ambisi Marquez. Juara dunia Grand Prix delapan kali itu punya sifat yang sulit dicegah. Marquez adalah Marquez. Dia tidak bisa melihat pembalap lain finis di depannya.

Dengan demikian MotoGP Portugal akan jadi ajang pembuktian mental Marquez. Apakah Marquez akan menjadi korban ungkapan ‘pembalap yang berbeda usai cedera’ atau tidak.

Satu yang pasti MotoGP Portugal dipastikan akan lebih seru dengan kehadiran Marquez. Dan keseruan MotoGP Portugal bisa disaksikan secara live streaming di CNNIndonesia.com dan siaran langsung di Trans7. (INT)

Comment